• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Ratusan Pemuda Jateng, Gelar Upacara Bendera HUT Ke- 74 RI di Atas Sungai Serayu

17 August
12:22 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Meski berada di atas perahu karet, sebagian lagi diatas kayak. Ratusan orang dari Federasi Arung Jeram Indonesia ( Faji ) Jawa Tengah Sabtu (17/8/2019), hikmat mengibarkan bendera merah putih. 

Sebagai bagian rangkian Peringatan HUT  Ke- 74 RI , yang berlangsung di atas Sungai Serayu Desa Tumiyang Kecamatan Kebasen Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Tak lupa lagu Indonesia Raya diperdengarkan ketika, detik  demi detik bendera merah putih dengan ukuran 15 meter x 10 meter di kibarkan dari atas jembatan kereta api yang melintas di atas Sungai Serayu. 

Ketua Faji Jawa Tengah, Bambang Siswoko Utomo mengatakan upacara peringatan hari kemerdekaan di atas sungai, agar generasi muda pada khusunya untuk lebih menghargai jasa para pahlawan. 

Sebab para pahlawan merebut dan mempertahankan kemerdekaan sangat susah, termasuk harus mengarungi sungai untuk melawan penjajah. Selain itu, dengan peringatan HUT Ke- 74 RI, generasi muda diharapkan mau melestarikan dan menjaga alam khususnya sungai. 

Sebab sungai merupakan salah satu nadi, dalam kehidupan masyarakat. Baik untuk air baku kebutuhan sehari- hari, hingga untuk irigasi pertanian.

“ Kita melestarikan lingkunga, kedua kita menghormati para pejuang yang telah memperdekaan Indonesia. Sehingag kita sebagai generasi muda tahu, melestarikan alam, tau menghormati para pahlawan,”kata Bambang.

Sementara itu, salah satu peserta upacara bendera diatas sungai, Eko mengatakan dirinya merasa takjub dan bangga bisa merayakan kemerdekaan RI diatas air. Sebab selama ini melaksanakan uapacara bendera di darat, sehingga lebih meresapi nilai- nilai perjuangan pahlawan saat merebut kemerdekaan dari penjajah.

“ Sensasinya beda kalau upacara biasa, kalau dari dulu dari SD kita upacara diatas lapangan. Sekarang kita mencoba diatas sungai, ini merupakan sesuatu yang berbeda yang pernah kita lakukan,”kata Eko.

Sebelum mengelar ucapara bendera di atas Sungai Serayu, peserta dengan puluhan kapal berangkat dari Jembatan Merah Patikraja. Menelusuri sungai terbesar di Jawa Tengah bagian barat, kurang lebih sejauh 4 KM. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00