• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Mendorong Pemasaran, Digelar Pameran Dan Lomba Membuat Sandal Bandol

16 August
16:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga: Berawal dari kurangnya promosi permasaran dan bubarnya kelompok pengrajin sandal terbuat dari “ban bodol” bandol Banaran kecamatan Karanglewas ,  Kabupaten Banyumas, Jumat (16/8/2019) menggelar pameran dan lomba pembuatan sandal Bandol se wilayah Kecamatan Karanglewas.  

Lomba berlangsung di SMK 1 Muhamadiyah Karanglelaws dikuti para pengrajin bandol, dengan kriteria penilaian antara lain kenyamanan di pakai, desain prodak, keaslian  dan kekuatan prodak.   

Ketua paguyuban peng rajin Bandol  Simbah Banaran Karanglewas Imam Tahyudin mengatakan, bandol sebagai salah satu produk khas Kabupaten Banyumas yang selama ini kenakan kalanagan menengahke bawah.  

“Kami bersama pemerintah kecamatan akan membantu pemasaran dengan bekerja sama dengan hotel. Kami akan membuat katalog dan para tami ketika melihat bisa langsung memesan melalui kelompok” katanya.

Pemasaran hanya di sekitar Banyumas saja kecuali ada pemesanan dari luar kota.  Imam berharap melalui lomba ini ada inovasi para pengrajin untuk menciptakan, model model yang diminati dan disenangi masyarakat.

Sementara itu wakil ketua umum ekonomi kretif Jawa tengah,  Angit Pandu Baskara sangat mengapreasi kegiatan lomba.   Pihaknya kini  sedang mencari produk produk unggulan di Jawa Tengah, dan di Kabupaten Banyumas ada sandal Bandol yang khas tidak banyak di hasilkan daerah lain.  

“Masalah pemasaran di Banyumas tinggal di genjot saja .  Yang menjadi permasalahan di Banaran ini para pengrajin berlum berkelompok dan ketika mendapat orderan dalam jumlah banyak maka akankwalahan.  Untuk itu saya sangat menyarakan untuk menghidupkan kembali kelompk para pengrajin disini” katanya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00