• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO MASYARAKAT

Meriahkan HUT RI dengan Lomba Mirip Proklamasi

16 August
11:23 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banjarnegara : Memeringati HUT RI ke 74, aneka kegiatan unik digelar. Salah satunya yang dilaksanakan di SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara Jateng, Jumat (16/8/2019) digelar Lomba Mirip Proklamasi. Kontestan yang terdiri dari perwakilan kelas berperan laiknya Soekarno-Hatta yang tengah membacakan proklamasi kemerdekaan RI.

Plt. Kepala SMAN 1 Sigaluh melalui Wakasek Humas Heni Purwono mengatakan kegiatan lomba mirip proklamasi dimaksudkan untuk menanamkan karakter nasionalis pada siswa. 

"Harapannya mereka jadi paham, bagaimana kemerdekaan ini dengan susah payah diraih dengan segala keterbatasan yang ada saat itu, dan mereka dapat mengisi kemerdekaan saat ini dengan hal-hal positif" jelas Heni.

Mereka tampak totalitas dalam meniru kedua proklamator dengan memakai kostum yang mirip, bahkan gaya sisiran rambut Bung Hatta pun tak luput mereka tiru. Adapun pembacaan teks proklamasi dilaksanakan dengan hafalan.

Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Sigaluh Sri Indrowati menambahkan, selain lomba mirip proklamasi juga diselenggarakan aneka lomba lainnya yang mengedepankan gerak fisik dan kerjasama tim. Diantaranya lomba estafet kaos, estafet sarung dan estafet air. 

"Kita ingin momen perayaan kemerdekaan dijadikan momen kebersamaan, sekaligus mencoba mengarahkan siswa pada aktivitas fisik. Hal itu karena anak-anak sekarang kebanyakan main game on line, sehingga kami ingin agar mereka sejenak melepaskan diri dari dunia maya dan merasakan asyiknya permainan nyata" jelas Sri.

Siswa Takeda Senior High School Hiroshima Jepang Tanako Tome yang sedang mengikuti program pertukaran siswa di SMAN 1 Sigaluh mengaku takjup dengan kemeriahan menyambut HUT RI. Menurutnya, di Jepang tidak ada aktivitas seperti ini. 

"Di Jepang setiap tahun kita hanya mendengar dan melihat dari televisi Kaisar Jepang berpidato setiap hari lahir kekaisaran Jepang. Tidak ada kemeriahan seperti di Indonesia" jelas Tanako. (HP).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00