• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

IMBI Semarang Pantang Terobos Lampu Merah

21 July
10:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Perilaku sejumlah pengemudi sepeda motor (bikers), terutama sepeda motor gede( moge). yang menerobos lampu merah banyak dikeluhkan oleh masyarakat. Terutama dilakukan pada saat mengelar iring- iringan motor. Namun perilaku ini, tidak dilakukan oleh semua bikers  moge. 

Ketua Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Kota  Semarang Bambang Eko Suratmoko mengatakan dirinya selalu mengingatkan kepada anggotanya, untuk patuh aturan lalu lintas. Termasuk  tidak menerjang lampu merah, hal ini demi keselamatan bersama penguna jalan. Karena pemakai jalan, mempunyai hak yang sama.

Perilaku taat aturan lalu lintas, juga dilaksanakan pada saat mengelar konvoi dengan jumlah motor banyak. Seperti yang dilakukan di Purwokerto Minggu (21/7/2019), puluhan anggota IMBI Semarang yang mengikuti Ngapak Bike Festival 2019 di Purwokerto. 

Bambang juga menjelaskan selain alasan keselamatan bersama, sebagian anggotanya juga takut di sumpaih jelek dari masyarakat ketika menerjang lampu merah. 

" Kalau kita melakukan touring dengan anggota, kami berhenti saat lampu merah. Karena demi keselamatan bersama, selain itu takutnya ada masyarakat yang marah terus nyumpaih kita yang jelek," kata Bambang di Purwokerto.

Bambang yang mengemudikan sepeda motor Honda Goldwing, dengan kapasitas mesin 1.800 CC, menjelaskan perlu melakukan persiapan  ketika akan melakukan touring. Selain pemeriksaan mesin, juga kesehatan, bikers.  

Karena mengemudikan Moge, perlu stamina yang kuat dengan bobot motor yang mencapai 450 Kg. Termasuk tidak meminum - minuman keras, selama melakukan touring.

Saat ini anggota IMBI Kota Semarang mencapai 50 orang, selain kegiatan rutin touring setiap bulan. Juga melaksanakan kegiatan sosial di sejumlah tempat.(RA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00