• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Kehadiran Asklin Dorong Peningkatan Mutu Klinik di Cilacap

21 July
07:02 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Pengurus Cabang Asosiasi Klinik Indonesia (Asklin) Kabupaten Cilacap periode 2019 – 2024 resmi dilantik di Pendopo Wijayakusuma, Sabtu (20/7/2019).

Kehadiran Asklin salah satunya menjadi pendorong upaya peningkatan mutu klinik khususnya di Kabupaten Cilacap.

Pelantikan pengurus Asklin dilakukan oleh Ketua DPD Asklin Proinsi Jawa Tengah dr. Fuad Alhamidi, disaksikan Sekda Cilacap Farid Ma’ruf, dewan pembina, dan dewan penasehat Asklin Cilacap.

Ketua PC Asklin Kabupaten Cilcap terlantik Dr. Novita Kukilowati menjelaskan keberadaan Asklin sangat penting  untuk mewujudkan visi menjadikan klinik sebagai sarana pelayanan kesehatan masyarakat ke depan.

Untuk itu beberapa program sudah disiapkan, diantaranya fungsi Asklin adalah membantu menyelesaikan masalah, menjaga standar klinik dalam memberikan layanan kepada masyarakat, dan menghindari persaingan tidak sehat antar klinik.

“Selain itu membantu menyebarluaskan infomasi dan program pemerintah terkait kesehatan,dan membantu klinik tertib adinistrasi dalam rangka menuju pelayanan berkualitas” jelasnya.

Dengan program-porgram tersebut lanjut Novita, diharapan klinik akan menjadi sarana pelayanan yang berkualitas sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Sekretaris PC Asklin Kabupaten Cilacap Aris Nur Rahmat menyebutkan salah satu fokus program tahun ini adalah mendorong pelaksanaan akreditasi klinik yang tergabung dalam Asklin Cilacap.

“Tantangan besar kami adalah bahwa tahun 2021 fasilitas kesehatan I yang bekerjasama dengan BPJS wajib terakreditasi” ujarnya.

Lanjut Aris, dari 90 klinik yang tergabung dengan Asklin tahun ini ditargetkan 6 klinik diantaranya yang akan diakreditasi.

“Dalam rencana kerja kami ada 6 klinik diajukan untuk akreditasi tahun ini yakni klinik Srikandi, Rumkitban, Anugerah, Bina Husada I,Cahaya Amanah dan klinik Graha Amanah. Rencananya akreditasi dilaksanakan pada September dan November” imbuhnya.

Sementara itu usai pelantikan dilanjutkan worksop bertema "Implementasi program Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) pada Pelayanan Faskes tingkat I (klinik)".

 

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00