• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANJARNEGARA

Ekskul Prestatif Jalan Masa Depan Siswa SMA

20 July
15:49 2019
1 Votes (1)

KBRN, Banjarnegara : Sebagai siswa baru, para siswa diharapkan untuk tidak menyepelekan keberadaan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Karena berbekal prestasi yang dicapai melalui ekstrakurikuler, sering kali justru kesuksesan sudah ada di depan mata.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMA Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara, Sri Indrowati, dalam pembukaan kegiatan "Demo Expo Ekskul Esmega" Sabtu (20/7/2019) di Gedung Indoor SMA Negeri 1 Sigaluh. Sri mencontohkan, hampir semua siswa SMAN 1 Sigaluh yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama adalah mereka yang berprestasi di bidang ekstrakurikuler. "

Setiap tahun kami memiliki siswa yang diterima di kampus negeri, bahkan selalu ada yang dari jalur beasiswa Bidikmisi. Kebanyakan mereka karena memiliki prestasi olahraga seperti silat" jelas Sri.

 Karenanya Sri berharap, para siswa baru memilih ekstrakurikuler tidak hanya sebagai pelampiasan hoby, namun juga untuk mencari prestasi.

"Apa lagi bagi siswa yang sekolahnya pinggiran. Ketika mengandalkan nilai akademik semata, pasti akan kalah bersaing dengan siswa-siswa dari sekolah-sekolah yang ada di pusat kota. Maka, strateginya, ya harus memiliki prestasi tambahan, agar memiliki nilai jual yang tinggi pada kampus-kampus yang dituju"  tandasnya.

SMA Negeri 1 Sigaluh sendiri memiliki tidak kurang dari 19 ekstrakurikuler, yang kesemuanya diarahkan untuk membentuk siswa yang prestatif. Diantara ekstrakurikuler tersebut, beberapa bahkan sudah menjadi langganan juara seperti silat, karya ilmiah remaja, perfilman, pramuka, tari dan PMR.  

Salah satu siswa baru SMAN 1 Sigaluh Slamet mengatakan tertarik dengan ekskul Kerohanian Islam (Rohis). Menurutnya, di Rohis selain dibekali keislamannya, juga ada kompetisi rutin yang bisa diikuti untuk mendulang prestasi seperti MTQ tahunan.  "Saya ingin punya hafalan Quran yang banyak dan jadi anak sholeh. Kerenanya saya memilih ekstrakurikuler Rohis" ujar Slamet. ( HP).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00