• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

BMKG Cilacap, Suhu Dingin di Purwokerto Wajar

19 July
13:20 2019
1 Votes (3)

KBRN, Banyumas : Dalam beberapa hari terakhir suhu udara di Banyumas, khususnya Purwokerto terasa dingin bila dibandingkan hari biasa. 

Menangapi hal tersebut, Prakirawan Cuaca dari BMKG Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan suhu rendah merupakan fenomena normal menyertai musim kemarau. Hal ini terjadi akibat beberapa faktor, pertama disebabkan adanya gerak semu matahari yang berada di belahan bumi bagian utara. Padahal wilayah Indonesia kebanyakan berada di wilayah bumi selatan, termasuk wilayah Banyumas dan Cilacap. 

Faktor lainya yang menyebabkan suhu udara rendah yakni adanya angin munson Australia, yang bersifat kering dan dingin. Suhu lebih rendah juga dipengaruhi adanya awan yang lebih sedikit, sehingga pancaran radiasi dari bumi langsung ke atmosfer. 

Rendi menjelaskan suhu minimal pada saat normal di Banyumas dan Cilacap minimal 23 derajat Celsius, namun dalam beberapa hari terakhir suhu terrendah menyentuh angka 18 derajat celsiun di Banyumas, dan 19 derajat celsiun di Cilacap. Padahal biasanya suhu harian di Banyumas dan Cilacap berada di kisaran 26-30 derajat Celsius.

Suhu terendah ini biasanya terjadi pada pagi hari menjelang matahari terbit, hingga beberapa jam matahari terbit. 

“ Di Indonesia bagian selatan, suhu udara memang cukup dingin. Hal ini disebabkan pada wilayah ini selatan mulai dari Sumatra, Jawa, Bali dan Nusatenggara sedang memasuki musim kemarau,”kata Rendi.

Rendi menambahkan kondisi suhu dingin ini, akan terjadi sepanjang musim kemarau. Dengan perkiraan untuk wilayah Banyumas dan Cilacap, musim penghujan baru akan terjadi sekitar bulan Oktober. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00