• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Banyumas Siap Putar Liga Desa Nusantara Piala Bupati 2019

19 July
09:04 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Dalam rangka menyemarakan dan menggairahkan sepak bola di desa-desa sesuai program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Kabupaten Banyumas siap menggulirkan Liga Desa Nusantara 2019 dari 25 Juli sampai 1 Agustus 2019.

Liga Desa Nusantara yang akan segera diputar itu juga mendapat dukungan dari Bupati Banyumas Ahmad Husein sehingga Liga tersebut ditambah namanya dengan Liga Desa Nusantara Piala Bupati 2019.

Koordinator Liga Desa Nusantara wilayah Kabupaten Banyumas, Kuat Santoso menjelaskan,  liga yang dikhususkan pemain-pemain kelahiran tahun 2000 atau U-19 itu diikuti oleh 24 tim.

Dari 24 tim tersebut, lanjutnya, dibagi menjadi dua wilayah yaitu wilayah Barat dipusatkan di lapangan sepak bola desa pancurendang, Kecamatan Ajibarang, dan wilayah Timur di lapangan sepak bola desa Ledug, Kecamatan Kembaran.

"ke-24 tim yang dibagi menjadi di dua wilayah, berarti masing-masing wilayah ada 12 tim yang dibagi menjadi 4 grup dimana setiap grup ada 3 tim", terangnya kepada RRI di Purwokerto, Jum'at (19/7/2019).

Sedangkan sistem pertandingannya, lanjutnya, menggunakan round robin dimana yang maju ke babak berikutnya adalah peringkat pertama dari masing-masing grup. Dan di babak 8 besar sistemnya sudent death, dimana semua tim mendapat piala dari Bupati Banyumas.

”Jadi nanti 8 besar juga semua dapat piala dari Bupati. Ini kan sistem pool, sistem grup. Nanti juara grup masuk ke babak 8 besar. Nah 8 besar ini dapat piala semua”, kata Kuat Santoso yang juga Ketua Paguyuban SSB Wilayah Jateng Selatan itu.

Kuat Santoso menyebutkan, tim yang lolos sudah barang tentu mewakili Kabupaten Banyumas di tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada akhir Agustus mendatang.

”Jawa Tengah itu hanya lima kabupaten menyelenggarakan liga desa nusantara sesuai petunjuk dari pusat. Pertama kabupaten Banyumas, Wonosobo, Purworejo, Magelang dan Kendal. Jadi hanya lima kabupaten. Nanti masing-masing kabupaten diambil juaranya ada lima kabupaten ditambah juara tahun lalu. Berarti nanti maju ke tingkat provinsi ada enam peserta”, ungkapnya.

Ke-24 tim yang sudah mendaftar Liga Desa Nusantara tingkat Kabupaten Banyumas itu berasal dari desa asal 15 Kecamatan diantaranya Ajibarang, Pekuncen, Cilongok, Baturraden,  Kembaran, Sumbang, Sokaraja, dan Jatilawang.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00