• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Hingga Juli 2019, Kejari Purwokerto Tangani 7 kasus Diversi Anak

18 July
16:37 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto : Kasi Intel Kejari Purwokerto menyebut selama tahun 2019 dari Januari hingga sekarang,pihaknya menangani 7 kasus  anak . Ketujuh kasus tersebut merupakan diversi atau pengalihan perkara kasus dengan jalan damai .

Hal itu diungkap Suryadi dalam Dialog Jaksa Menyapa di RRI Purwokerto Kamis ( 18/7/2019 ) dengan topick Diversi dalam penanganan perkara anak .

“ Jadi kami gencar sosialisasikan  Undang undang nomor  11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak yang  mengatur mulai tahap penyelidikan,sampai pembimbingan setelah menjalani pidana .Ini dikarenakan kasus anak sebagai korban pelaku terjadi beberapa kali di Purwokerto “  ungkap Suryadi

Sementara Kasi Pidum Hanung , SH, MH   menyebut kasus peradilan anak di wilayah Kejari Purwokerto tercatat  ada 20 kasus  namun tidak semua bisa masuk ke diversi .

“ Sebagian alasan karena pelaku merupakan residivis sehingga tetap harus menjalani hukuman “ jelas Hanung.

Dijelaskan pula , Undang undang juga  dibuat untuk melindungi anak agar terpisah dari Undang undang secara umum .

“ Misalnya waktu pelaksanaan penyidikan oleh polisi hanya selama 15 hari maka oleh JPU dapat sampai 10 hari sehingga pelaksanaannya cepat untuk peradilan anak “ tambah Hanung .

Tampil pula sebagai nara sumber dari Kejaksaan Negeri Purwokerto Jaksa Fungsional Agus Fikri, SH dan Rinawati, SH . ( IND )

 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00