• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Kemenkes RI Ajak Akademisi Percepat Pembangunan Pelayanan Kesehatan Di Tanah Air

17 July
21:33 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan  RI Dr. dr Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K)., M.Epid., MH.Kes mengatakan dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk Indonesia diatas 260 juta orang yang tersebar di 34 provinsi dan 17 ribu pulau lainnya, maka revolusi industri 4.0 dinilai sangat penting dalam reformasi pelayanan kesehatan masyarakat.

Terutama di wilayah Indonesia timur masih sulit terjangkau pelayanan kesehatannya.

Karena itu, lanjutnya, dengan sistem informasi pelayanan kesehatan, sistem telemedis, dan sistem rujukan terintegrasi, dan pengembangan ambulan kepulauan, ambulan air, ambulan udara dan darat diharapkan menjadi rujukan yang baik.

Hal itu dikatakan Sesditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI Dr. dr. Agus Hadian Rahim kepada RRI seusai membuka Konferensi Internasional Ilmu Kesehatan ke-3 yang diselenggarakan oleh Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di Purwokerto, Rabu (17/7/2019).

Diakuinya, kendala dalam pembangunan pelayanan kesehatan masyarakat yaitu sumber daya manusia (SDM).

"Karena problem masalah bukan infrastruktur, problem masalah adalah komunikasi yang efektif. Nah ini yang harus dibangun oleh semua stakeholder. Dinas kesehatan, pemerhati dari Universitas ini yang harus membangun”, ungkapnya.

Untuk itulah, lanjutnya, Kemenkes RI mengajak para akademisi dengan mensosialisasikan lebih awal kepada mahasiswa tentang kebijakan, regulasi, dan sistem informasi yang seharus maju sehingga pelayanan kesehatan masyarakat tidak tertinggal.

”Itu yang memang tujuan bu menteri kesehatan bagaimana dengan digitalisasi information system ini mempercepat pembangunan kesehatan di Indonesia”. pungkasnya.

Sementara itu, Konferensi Internasional Ilmu Kesehatan ke-3 yang digelar oleh fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Unsoed, menurut Ketua Panitianya Siwi Pramatama Mars Wijayanti, S.Si., M.Kes., Ph.D, perkembangan internet yang memulai revolusi industri 4.0 menyebabkan hal-hal dapat diatur secara virtual dan saling terkoneksi dengan sistem komputasi awan.

|Hal ini akan menyebabkan perubahan pada sistem pelayanan kesehatan yang diberikan, yang dikenal dengan Health Care 4.0", terangnya.

Beberapa perkembangan seperti smart devices, data pasien digital, biosensor, organ buatan, dan smart pharmaceuticals merupakan contoh konkrit perubahan yang diakibatkan oleh industri 4.0.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00