• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

MPLS Pelajar Baru SMK Negeri 2 Purbalingga, Bekali Kebencanaan

17 July
14:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pelajar baru SMK Negeri 2 Purbalingga dibekali materi penanganan kebencanaan. Materi ini bertujuan agar para pelajar dapat menyelamatkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Para pelajar diharapkan dapat selalu waspada terhadap bencana baik saat di sekolah, rumah atau lingkungannya.

Hal tersebut disampaikan Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga, Farhan, Rabu (17/7/2019).

Selain pemberian materi kebencanaan kegiatan juga diisi oleh beberapa instansi seperti TNI/Polri, Damkar serta BNN Purbalingga.

“Dengan siswa baru memahami tentang typologi bencana di wilayah Kabupaten Purbalingga, diharapkan bisa mengurangi resiko korban jiwa. Materi terkait dengan mitigasi bencana dan pengenalan kesiapsiagaan bencana,” kata Farhan.

Farhan mengatakan karena Indonesia khususnya Purbalingga merupakan rawan terjadi bencana, baik tanah longsor, banjir, gempa dan erupsi gunung api diharapkan pelajaran mitigasi bencana bisa masuk sebagai mata pelajaran si sekolah-sekolah.

Mitigasi bencana bisa juga diintegrasikan melalui kegiatan estrakurikuler kepanduan.

“Materi pendidikan kebencanaan masuk dalam penguatan pendidikan karakter siswa. Materi kebencanaan harus diberikan sedini mungkin yakni kepada para siswa,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut Farhan korban bencana kebanyakan merengut anak-anak dan orang tua. Yang mana mereka belum memahami bagaimana cara penyelamatan individu jika terjadi bencana. Untuk inilah diperlukan kepedulian khusus para pemangku kebijakan di sekolah agar materi kebencenaan bisa masuk didalamnya, minimal bisa masuk di kegiatan ekstrakurikuler.

Berdasarkan Indeks Rawan Bencana Indonesia (IRBI) yang dikeluarkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2014 untuk Kab/Kota di Jawa Tengah, Purbalingga menempati rangking 17 dengan skor 159.

Sementara untuk tingkat Nasional, Purbalingga menempati rangking 226.

“Dari data tersebut  yang menunjukkan bahwa Purbalingga termasuk dalam kategori daerah dengan ancaman bencana tinggi,”  katanya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00