• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Pemkab Purbalingga Siap Fasilitasi Pengembangan Bogar

16 July
16:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga: Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menyampaikan untuk mengelola wisata buah Botania Garden (Bogar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga siap memfasilitasi. Melalui Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga pengelola Bogar dapat mengajukan proposal untuk pengembangan pariwisata.

“ini saya mengajak dari Dinporapar yang biasa mengurusi desa-desa wisata, jadi pengelola Bogar ini ada keinginan untuk pengembangan pariwisata misalnya untuk menambahkan saung-saung di beberapa tempat yang ada di Bogar, segera ajukan proposalnya,” kata Bupati Tiwi saat Petik Buah Bersama Bupati di Wisata Buah Bogar Karangcengis, Selasa (16/7/2019).

Pada saat panen sayur hydroponik, Bupati Tiwi juga mengimbau kepada pengelola untuk menambahkan potensi bibit-bit sayuran. Hal ini tentunya dapat diperhatikan oleh pengelola Bogar maupun dari pemerintah desa setempat untuk bisa membuat proposal kebutuhan bibit sayur dan buah yang diperlukan dalam waktu dekat.

“Tadi saya tanya pada saat panen hidroponik masih dibutuhkan potensi bibit-bibit sayuran,” ujarnya.

Permohonan bantuan ini tentunya dalam rangka pengembangan wisata Bogar ke depan, oleh karena itu pengajuan kepada instansi terkait perlu diajukan segera. Menurut Tiwi, masyarakat setempat, pokdarwis dan juga Pemerintah Desa Karangcengis telah sengkuyung berkerja sama mengembangkan wisata Bogar.

“Jadi Pemkab dengan hal-hal seperti ini yang sengkuyung semuanya akan ikut membantu jadi ke depan Bogar bisa lebih berkembang,” jelas Tiwi.

Ia berharap ada sinergitas antara pengelola wisata, pokdarwis dan pemerintah desa setempat untuk bisa bersama-sama membangun wisata Bogar agar lebih dikenal dan dikunjungi masyarakat. Jangan sampai Bogar yang telah dikelola dengan baik hanya karena masalah pengelolaan ke depannya ada permasalahan yang dialami.

“Jadi kekompakan dan kebersamaan harus betul-betul dijaga dengan baik, untuk meningkatkan kemajuan Bogar,” tandasnya.

Berdasarkan pengamatannya pada hari ini, dari mulai dibentuk pada Tahun 2017 sampai dengan saat ini ada perkembangan yang luar biasa dari Bogar. Termasuk saat ini sudah ada kereta wisata atau odong-odong yang siap mengantarkan pengunjung dari satu titik ke titik yang lain.

“Jadi pengunjung tidak perlu berjalan kaki tapi menggunakan transportasi odong-odong,” imbuh Tiwi.

Ia berharap dengan adanya Bogar dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Karangcengis termasuk pendapatan warga. Sehingga ke depan Desa Karangcengis bisa lebih maju lagi dengan adanya Bogar.

“Dan masyarakat dapat merasakan dampak positif dari adanya wisata Bogar di Desa Karangcengis,” pungkasnya.(spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00