• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Cabai Rawit di Purwokerto, Dijual Rp80 ribu

16 July
15:18 2019
1 Votes (4)

KBRN, Banyumas : Harga cabai di Purwokerto melambung tinggi, hingga mencapai Rp80 ribu perkilogram, terutama untuk cabai rawit hijau. 

Salah satu pedagang sayuran di Pasar Manis Purwokerto Arsiatun mengatakan kenaikan harga ini terjadi hampir setiap hari, yang dimulai sejak satu bulan terakhir. Akibat pasokan cabai berkurang drastis, dari petani sedangkan permintaan cukup tinggi. 

Arsiatun menyebut biasanya menerima 10 Kg cabai rawit hijau, namun saat ini hanya menerima 2 Kg. Kenaikan harga juga terpantau untuk jenis cabai lainya, yakni cabai rawit merah dari Rp62 ribu – Rp68 ribu perkilogram. Cabai merah kriting dari Rp52 ribu- Rp55 ribu perkilogram, hijau besar naik sebesar Rp4 ribu perkilogram .

Lanjut Arsiatun kenaikan harga juga terjadi pada sejumlah komoditi sayuran, diantaranya timun naik sebesar Rp4 ribu perkillogram, cesim dan sawi naik Rp2 ribu perkilogram. Untuk bawang merah pada Selasa (16/7/2019) di Pasar Manis Purwokerto dijual Rp30 ribu perkilogram, bawang putih Rp35 ribu pekrilogram.

“ Harga cabai rawit hijau yang berasal dari Baturaden,  harganya Rp80 ribu, kalau dari petaninya hampir Rp70 ribu. Karena barangnya terbatas, tidak semua bisa membeli cabai hijau,”kata Arsiatun.

Sementara itu, salah satu pembeli di Pasar Manis Purwokerto Selvi mengatakan dengan kenaikan harga terutama cabai cukup memberatkan dirinya. Karena cabai merupakan bahan utama untuk bumbu, apalagi dirinya juga berprofesi sebagai pedagang makanan. 

“ Pembeli kepenginya yah murah, tapi ini pada semuanya mahal. Tidak hanya cabai, timun juga mahal. Berdampak pada jualan makanan saya, Cuma harga jualnya nga dinaikan,”kata Selvi di Pasar Manis.

Sedangkan untuk harga seperti daging sapi, beras, gula pasir, terigu dan minyak curah masih cukup stablil. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00