• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Pekerja Pertamina Cilacap : Bisnis Gas LNG harus Dikuasai Negara 100 %

16 July
07:15 2019
1 Votes (4)

KBRN, Cilacap : Rencana pengalihan bisnis gas Liquid Natural Gas (LNG) oleh pemerintah kepada Perusahaan Gas Negara (PGN) mendapat reaksi keras dari para pekerja Pertamina RU IV Cilacap.

Mereka yang tergabung dalam Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijaya Kusuma (SPP PWK) secara tegas menolak pengalihan itu dan menghendaki bisnis ini dikuasai 100 % oleh negara.

“Gas LNG merupakan bisnis masa depan Indonesia seiring menurunnya cadangan minyak Nasional” tegas Ketua SPP PWK Cilacap Titok Dalimunthe dalam siaran pers di kantor SP, Senin (15/7/2019).

Lebih lanjut penurunan cadangan minyak Nasional ini bisa didukung dengan gas sebagai sumber energi lain di mana cadangan Nasional menjadi salah satu yang terbesar di dunia mencapai 135 trilliun feet.

Namun pemerintah dalam waktu dekat berencana mengalihkan pengelolaan gas LNG ke PGN dengan prosentase 56,96 % untuk Pertamina dan 43,04 % dikuasai PGN yang dimiliki oleh publik dalam hal ini pengusaha swasta lokal maupun asing.

“Memang dampak dari pengalihan ini tidak dirasakan secara langsung oleh pekerja namun secara bisnis dan pendapatan negara terjadi penurunan signifikan karena 43,04 persen dikuasai oleh swasta dan swasta asing” tegas Titok.

Atas kondisi inilah Titok menyatakan Serikat Pekerja Pertamina seluruh unit kerja Pertamina dari Aceh sampai Papua sepakat menolak pengalihan bisnis tersebut.

Dalam pernyataan sikapnya SP PPWK Cilacap menuntut pemerintah RI mempertahankan proses bisnis LNG para Pertamina yang keuntungannya 100 % untuk kemakmuran rakyat.

Selanjutnya meminta pemerintah melalui Menteri  ESDM untuk memastikan Pertamina dapat menyusun program kerja rencana bisnis LNG yang mendukung Security of Supply Nasional dan mendesak pemerintah menghentikan upaya pengalihan proses bisnis LNG oleh Holding Migas ke PGN.

Pihaknya mengancam siap melakukan aksi turun ke jalan jika aspirasi pekerja ini diabaikan.  


  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00