• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO MASYARAKAT

Ikuti Inti Bangsa, Sudirun Siapkan Video Sejarah

15 July
15:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banjarnegara : Mengenalkan sejarah Dieng saat mengikuti kegiatan Inti Bangsa, guru SMPN 2 Batur Banjarnegara Sudirun tengah menyiapkan video sejarah. Kegiatan Inti Bangsa adalah even tahunan tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI khusus bagi guru sejarah se Indonesia.

Tahun ini, Inti Bangsa (Internalisasi Kebangsaan) untuk jenjang SMP sederajat sendiri akan dilaksanakan  Selasa-Jumat (16-19/7) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.   Sudirun lolos menjadi wakil dari Jawa Tengah, setelah mengajukan esai tentang sejarah Soemitro Kolopaking Poerbonegoro. 

Di Inti Bangsa nanti, ia masih harus berjuang untuk menjadi peserta terbaik dengan membuat video sejarah. Menurut Sudirun, ia tengah membuat video tentang sejarah Dieng. 

"Selama ini Dieng dikenal dengan panorama alamnya saja seperti telaga warna dan yang viral saat ini adalah embun upas yang seperti salju. Padahal dari sisi sejarah sangat banyak yang dapat dieksplor" jelas Sudirun.

Objek sejarah yang diangkat, tambah Sudirun, diantaranya komplek percandian Arjuna, sisa-sisa pabrik jamur, sampai bencana kawah beracun yang terjadi berkali-kali. 

"Kita ingin nantinya di Bangka Belitung, semua peserta yang hadir dari berbagai penjuru provinsi bisa mengenal Dieng secara lebih utuh, terutama dari tinjauan historis. Dengan begitu, harapannya menarik minat mereka untuk berwisata ke Banjarnegara, khususnya Dieng" tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Banjarnegara Noor Tamami mengapresiasi apa yang dicapai oleh Sudirun. Menurutnya, Dieng yang sudah begitu terkenal harus dieksplorasi dan dikenalkan juga sejarahnya. 

Ia gembira, guru SMPN 2 Batur yang nota bene berada di kawasan Dieng mampu berbicara di kancah nasional. "Semoga Pak Sudirun mampu mengangkat nama Banjarnegara dan memperkenalkan sejarah yang ada di Banjarnegara" harap Noor. (HP)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00