• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Warga Karangpucung, Tanam Sayuran di Sungai Mengering

15 July
08:38 2019
0 Votes (0)


KBRN, Cilacap: Kemarau di Cilacap berdampak mengeringnya, sejumlah sungai seperti Sungai Pasir yang melintas di wilayah Kecamatan Karangpucung. Memanfaatkan sungai mengering, warga setempat menanami sejumlah tanaman sayuran dan ubi jalar. 

Warga Desa Karangpucung Kecamatan Karangpucung Jeje mengatakan sungai sepanjang kurang 3 KM yang melintas di desanya, di manfaatkn oleh sejumlah orang untuk menanam sawi, bayam, kangkung dan ubi jalar. Penanamaan ini sejak musim kemarau melanda wilayah Cilacap, sejak akhir April. 

Sehingga ada beberapa petani yang udah mulai memanen, seperti sawi dan kangkung. Hasilnya menurut Jeje juga cukup lumayan, bisa mengembalikan modal untuk membeli bibit tanaman. 

Selain itu dimungkinnakan para perani bisa memanen hingga musim penghujan atau sekitar bulan September 2019. Dengan menanam sayuran di aliran sungai yang mengering, petani juga dengan mudah menyiram tanamannya, dengan air genanangan atau aliran air yang masih tersisa. 

Seperti terpantau pada Senin (15/7/2019) pagi sejumlah petani, menyirami tanamannya miliknya.

“ Menamamnya sejak Mei, yah biasanya untuk menanam sayuran untuk keperluan sendiri ada yang dijual. Ya Alhamdulillah untuk keperluan sehari- hari, bisa untuk nambah- nambah. Kalau hujan yah nga bisa nanam, warga yang menanam sepanjang 3 KM,”kata Jeje. 

Sementara itu, data terakhir di Kabupaten Cilacap, terdapat sekitar 30 ribu orang yang kesulitan air bersih. Mereka tersebar di 22 Desa yang berada di 9 Kecamatan. Untuk memabntu ribuan warga yang mengalami kesulitaan air bersih, BPBD Cilacap telah membantu droping air bersih sebanyak 77 tangki. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00