• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

Pusaka Gaib di Lokasi TMMD Tegal, Cerita Mistis Makam Mbah Dagang Jatimulya

14 July
17:24 2019
1 Votes (5)

KBRN, Tegal : Publikasi pembangunan TNI melalui TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, tak hanya mencakup sasaran fisik dan non fisik saja, melainkan segenap aspek kehidupan sosial maupun potensi wilayah desa sasaran pembangunan, Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Tak terkecuali sejarah desa yang terdiri dari 5 pedukuhan dan berpenduduk total 12.295 jiwa serta orbitasi sejauh 26,6 kilometer, 1 jam ke pusat Ibu Kota Kabupaten. Salah satu tempat sakral disini adalah Makam Mbah Dagang, di Dukuh Sigerung RT. 06 RW. 02.

Dijelaskan Sutoro (53) anak mantan juru kunci dan adik kandung juru kunci sekarang, Pawahud (62), bahwa Mbah Dagang adalah sosok pandai besi yang menjadi cikal bakal desa dan dimakam di TPU ini.

Tokoh yang dibunuh oleh Bupati Tegal terdahulu yang pro penjajah Belanda, karena keahliannya membuat gaman/senjata berupa keris dan pedang.

“Mbah Dagang dikejar-kejar Belanda dan orang-orang Bupati terdahulu, dan lari mulai dari Dukuh Depok Desa Rembul Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal, sampai kemari. Namun akhirnya terbunuh di dukuh ini,” sepengetahuan Sutoro yang disampaikan kepada Serma Aan Setyawan, anggota jurnalistik TMMD Kodim Tegal, Minggu (14/7/2019).

Dijelaskannya lanjut, makam ini ramai dikunjungi peziarah ataupun orang yang sengaja ingin ngalap berkah, seperti mau mencalonkan diri menjadi Kades/Lurah, memulai tandur/awal musim tanam, jabatan, mau ngasap/miang atau berangkat menangkap ikan di laut, dan bahkan banyak juga yang minta nomer/togel.

“Itu semua menurut kepercayaan dan keyakinan masing-masing. Namun masih banyak juga orang yang datang kemari,” imbuhnya.

Di makam utama Mbah Dagang, juga dimakamkan dua tokoh lainnya yaitu Mbah Yadi dan Mbah Bulu yang kesemuanya rekan Mbah Dagang yang berprofesi juga sebagai pandai besi. Disini juga terdapat beberapa pohon asem yang sangat besar dan terdapat banyak benda pusaka gaib di bawah akar pohonnya. (Aan/Spj).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00