• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

DKC Gelar Bimtek Perfilman

10 July
11:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Dewan Kesenian Cilacap (DKC) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perfilman di hotel Grand Liana, Selasa – Jumat (9 – 12/7/2019).

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Dinas Pendiikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Senin (8/7/2019).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Wuyung Sulistyo Pambudi dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini muncul karya-karya baru yang bisa memajukan kesenian dan kebudayaan di Cilacap.

“Melalui bimbingan teknis ini, Cilacap harus bisa maju. Terutama dalam hal melahirkan karya-karya kreatif dalam bidang Seni dan Budaya” ujarnya.

Kegiatan bertajuk program Fasilitasi Kegiatan Organisasi & Pamong Budaya Kesenian Kabupaten Cilacap 2019 ini meliputi Bimbingan Teknis Perfilman, Bimbingan Teknis Dalang, Karawitan dan Waranggana.

Kegiatan berlangsung sejak 9 - 12 Juli 2019 ini terlaksana berkat kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Cilacap dengan Dewan Keseian Cilacap dan Persatuan Pedalangan Indonesia.

Berbagai pemateri yang kompeten dalam bidang dan keahlian dihadirkan dalam pelatihan ini.

Diantaranya Bimbingan Teknis Perfilman oleh Insan Indah Pribadi (Pengelola Komunitas Film Sangkanparan) tentang Penulisan & Manajemen Produksi, Teguh Rusmadi (Programer PNV Channel) tentang Teknik Pengambilan Gambar, Nur Hidayatul Fitria (mahasiswa Fakultas Film dan Televisi IKJ) tentang Penyutradaraan, Tofik Suseno (musisi) tentang Ilustrasi Musik pada Film dan Nur Muhammad Iskandar (ISI Solo) tentang Editing Film.

Sedangkan pendamping produksi dan praktek dihadirkan Rizzky Alfiyan M. dari Insan Music Cilacap dan Sampurno Putro dari NCC Karanggayam, Kebumen.
Cahya Lestari, salah satu peserta Bimbingan Teknis Perfilman yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini mengamati dengan seksama materi-materi yang dibagikan oleh para mentor.

“Materinya mudah dipahami. Jadi asyik dan tidak membosankan” ungkap siswi SMK Dr. Soetomo Cilacap ini.

Dalam kesempatan itu Ketua Dewan Kesenian Cilacap (DKC) Imam Yudianto menyempatkan berbagi kisah di hadapan peserta.

Diantaranya dimulai dari pengalaman menjadi tukang foto amatir, hingga karir sukses yang dijalankan.

“Tidak ada hal yang tiba-tiba. Semua dijalani melalui proses panjang. Teruslah berlatih, dan jangan pernah putus semangat” kata Imam.

Sementara itu para peserta datang dari berbagai latar belakang, seperti pelajar, guru, mahasiswa, karyawan, dan juga pengelola Pondok Pesantren.





 

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00