• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO MASYARAKAT

Aisyiyah Cilacap Sabet Juara 1 Lomba Essai Jambore LHPB Jateng

10 July
11:54 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Cilacap berhasil menyabet juara 1 lomba essai dalam Jambore Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LHPB) tingkat Jawa Tengah.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Lembaga LHPB Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Tawangmangu, Jumat – Minggu (5 – 7/7/2019).
 
Peserta terdiri dari perwakilan 35 Kabupaten/Kota di Jateng serta utusan dari PWA Jabar, PWA Banten dan PWA DIY.

“Alhamdulillah, kontingen Cilacap juara pertama lomba essai yang diikuti oleh Yuli Kuswanti dari Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiah Cilacap, dengan judul Peran Pustakawan Kader Muhammadiyah dalam Upaya Pengurangan Limbah Plastik untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan” kata Ikromah Palupi, Pimpinan Kontingen Cilacap dalam siaran persnya.
 
Lebih lanjut, jambore bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya peran perempuan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pengurangan resiko bencana kususnya bagi kaum perempuan.

“Dalam hal ini perempuan anggota aktif organisasi ‘Aisyiyah, Majelis dan Lembaga ‘Aisyiyah. Ini karena Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  di Indonesia hampir 68 juta ton sampah dihasilkan per tahun, dan 62 juta ton berasal dari sampah organik atau limbah dapur rumah tangga” jelasnya.

Yang menarik, kata Palupi selama jambore para peserta dilatih diet kantong plastik dengan mewajibkan setiap peserta harus mengurangi penggunaan kantong plastik dalam segala aspek.

“Selain itu kegiatan ini dimeriahkan oleh beberapa lomba dan workshop yang diisi oleh para tokoh yang sudah berkompeten” imbuhnya.

Sementara menurut Wakil Ketua LLHPB Aisyiyah sekaligus Wakil Ketua LPB MDMC PP Muhammadiyah, Dr. Rahmawti Husein kegiatan ini sebagai Jambore LHPB perempuan terbesar pertama di dunia.
 
 

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00