• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

270 Pemuda-pemudia Ikuti Pelatihan Bela Negara

9 July
13:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga: Sebanyak 270 pemuda-pemudi Purbalingga mengikuti kegiatan bela negara selama 6 hari di Bumi Perkemahan Munjul Luhur. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Purbalingga dalam hal ini Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2017.

Kepala Kesbangpol Purbalingga, M Faturochman mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan bela negara salah satunya memupuk kesadaran bela negara bagi generasi muda di Purbalingga. Kemudian juga menambah semangat untuk membentuk insan yang ber-Pancasila dan menanamkan jiwa UU Dasar 1945.

“Setelah kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa nasionalisme serta menguatkan raca cinta NKRI dan NKRI harga mati bagi para generasi muda,” katanya setelah pelaksanaan upacara pembukaan pelatihan Bela Negara di lapangan Buper Munjul Luhur, Senin (8/7/2019).

Selama 6 hari peserta pelatihan bela negara akan dibekali dengan kegiatan pelatihan fisik seperti pelatihan peraturan baris berbaris (PBB), tata upacara militer (TUM), caraka malam, senam dan lari pagi, mountanering, serta long mars. Kemudian untuk penambahan wawasan kebangsaan akan diberikan beberapa materi  seperti NKRI harga mati, kepemimpinan, wasbang dalam mencegah konflik, kesadaran hukum.

Materi selanjutnya kedudukan dan peran Polri, pencegahan radikalisme, kedudukan dan peran TNI, pemadam kebakaran. Tugas fungsi BNN, pendidikan lalu lintas, ideologi Pancasila, pengarahan Disnaker dan magang Jepang, kewaspadaan nasional, pengatahuan dasar SAR, peran FKUB, peran pemuda dalam bermasyarakat.

Sedangkan Sekretaris Daerah Purbalingga, Wahyu Kontardi saat mewakilai Bupati Purbalingga membuka pelatihan Bela Negara, para peserta diharapkan dapat membentuk karakter kebangsaan. Yakni generasi yang berperilaku cinta tanah air, cinta Pancasila dan mempunyai kemampuan untuk membela tanah air dan bangsa.

 
“Para peserta diharapkan dapat mengikuti dengan kegiatan dengan sungguh-sungguh yang nantinya dapat diimplementasikan di masyarakat di kemudian hari,” katanya. (sapj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00