• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Kemarau, Warga Diimbau Waspada Berbagai Penyakit

8 July
16:17 2019
0 Votes (0)

KBRN,Purbalingga: Musim kemarau yang pada masa sekarang juga sedang dilalui Kabupaten Purbalingga harus diwaspadai oleh seluruh warga masyarakat Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Purbalingga, Hanung Wikantono saat ditemui di kantornya, Senin (8/7/2019) siang.

Hanung mengatakan, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai masyarakat Purbalingga karena ekses dari musim kemarau yang juga melanda Purbalingga. Menurutnya, karakter musim kemarau yang  kering dan kurangnya air dalam jumlah yang signifikan menyebabkan badan rentan terkena penyakit seperti diare dan penyakit kulit yang tentu saja berbahaya.

“Waspada penyakit seperti diare dan penyakit kulit yang disebabkan karena kurangnya ketersediaan air akibat dari musim kemarau termasuk yang ada di Purbalingga,” kata Hanung.

Hanung menambahkan, akibat debu dan suhu yang cepat berubah dari panas  ke dingin di musim kemarau bisa menyebabkan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) serta iritasi mata sehingga warga diimba memakai masker wajah dan menggunakan jaket tebal untuk menghindari penyakit.

“Pakai masker dan jaket agar tidak juga terkena ISPA serta radang yang juga bisa menyerang saat musim kemarau,” imbuhnya.

Hanung juga mengimbau agar warga Purbalingga meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, sanitasi juga harus dijaga serta jangan samapai Buang Air Besar (BAB) sembarangan yang justru akan menambah penyakit.

“Ketersediaan air sebenarnya harus dijaga dan juga sanitasi serta jangan sampai BAB di sembarang tempat. Warga juga harus menjaga pola makan seperti mengurangi makanan pedas dan es. Olahraga juga menjadi cara agar badan tetap sehat,” pungkasnya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00