• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

Ada 4 Kabupaten Ikuti Seleksi Pertunjukan Rakyat

7 July
17:35 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga:  Ada  4 Kabupaten mengikuti seleksi terahir pertunjukan takyat (Pertura) Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di Objek Wisat Purbasari Pancuran Mas, Minggu (7/6/2019). 

Ke4 Kabupaten tersebut Kabupaten Brebes, Kabupaten Magelang, Kabupaten Jepara dan Kabupaten Purbalingga.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Komunikasi dan Inforrmatika (Dinkominfo) Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabid Informasi dan Komunikasi (TIK) mengatakan Pertura diharapkan mampu menjadi media alternatif untuk mengedukasi dan menyampaiakan segala hal kepada masyarakat. Ada pesan-peasan sosial yang harus disampaiakan dalam setiap Pertura.

“Tema yang diambil dalam Pertura kali ini ada dua yakni pertama tangkal berita bohong dan ujar kebencian. Kedua mengokohkan kembali Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan kesatuan Bangsa Indonesia,” katanya.

Pertura selain sebagai upaya nguri-nguri budaya lokal juga sebagai ruang ekspresi bagi para seniman untuk terus mengembangkan kemampuannya di bidang seni budaya. Karena di era digital sekarang banyak masyarakat yang abai pada seni pertunjukan rakyat, bahkan tidak ada yang mengenal budayanya sendiri.

Sedangkan Kepala Dinakominfo Kabupaten Purbalingga, Jonathan Eko Nugroho mengatakan memasuki revolusi 4.0 memudahkan masyarakat mendapatkan informasi hanya dengan sentuhan jari. Mudahnya arus informasi membuat maraknya berita-berita yang tidak jelas sumbernya, bersifat profokatif dan meluasnya ujar kebencian.

“ Pertura yang memadukan seni musik, seni teater dan seni tari diharapkan selain menjadi tontonan yang menarik juga diharapkan bisa menjadi tuntunan bagi masyarakat. Setidaknya menjadi wahana pencerahan agar tidak terserang virus hoaks,” kata Kepala Dinkominfo Purbalingga yang dikenal dengan nama Pak Yon.

Pak Yon menambah dipilihnya objek wisata Purbasari sebagai tempat seleksi Pertura diharapkan para seniman FK Metra khususnya di luar Purbalingga bisa menikmati keindahan wisata yang ada di Purbalingga. Mereka juga diharapkan bisa menceritakan pengalamannya di Purbalingga kepada teman, sanak saudara dan tetangganya bahwa di Purbalingga ada objek wisata yang patut dikunjungi.

“Temen-teman FK Metra juga bisa menikmati khas kuliner Purbalingga yang khas dengan tempe mendoannya, dan jangan lupa membeli oleh-oleh khas Purbalingga,” pesannya.(spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00