• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEBUMEN

Kebumen Sukses Gelar Pilkades Bersih Serentak di 346 Desa

5 July
22:30 2019
2 Votes (3.5)

KBRN, Kebumen: Pernyataan Aliansi Masyarakat Antiwuwur Kebumen (AMAK) terkait banyaknya dugaan pelanggaran selama proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kebumen dibantah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kebumen Jawa Tengah Frans Haidar. Klaim AMAK yang menyatakan terdapat sedikitnya 41 laporan pelanggaran, dikatakan Frans hanya ada 2 yang memenuhi persyaratan untuk diproses.

Melalui jumpa pers yang diselenggarakan di gedung press center Kebumen Jumat (5/7/2019) Frans yang sekaligus sebagai ketua panitia Pilkades tingkat Kabupaten mengaku senang dengan hadirnya gerakan anti politik uang AMAK. Meski demikian, pihaknya tidak bisa mengakomodasi tuntutan AMAK yang antara lain meminta penundaan pelantikan Cakades Terpilih.

"Sampai detik ini laporan (dugaan pelanggaran Pilkades) yang masuk ke kami hanya 2, yaitu di desa Kalirejo kecamatan Kebumen dan Tlogopragoto kecamatan Mirit," papar Frans Haidar.

Senada, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Amin Rahmanurrasjid pada kesempatan yang sama menjelaskan pembatalan hasil Pilkades harus menggunakan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.

"Dalam perda Kabupaten Kebumen Nomor 10 tahun 2016 disebutkan yang bisa menganulir calon kades terpilih hanya putusan pengadilan," jelas Amin.

Ditambahkannya, permasalahan Pilkades serentak Kebumen 25 Juni lalu ada tiga hal yakni pelanggaran administrasi, pemilih dan dugaan wuwuran (money politic). Menurutnya, laporan dugaan pelanggaran semestinya disampaikan juga ke penyidik PPNS di Satpol PP dengan disertai saksi dan bukti.

Untuk diketahui, Pilkades serentak di 346 desa di Kabupaten Kebumen telah dilaksanakan dengan baik kendati masih terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi. Kades terpilih akan dilantik Bupati secara bertahap. Pelantikan pertama akan digelar 18 Juli untuk 115 kepala desa, dan 23 Juli untuk 100 kepala desa. 128 kepala desa akan dilantik pada 2 Agustus dan 3 kades pada 16 September.

Dari 346 desa, 212 kades incumbent atau petahana maju, akan tetapi 'hanya' 94 orang yang sukses terpilih kembali.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00