• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Knalpot dan Bulu Mata Palsu Purbalingga Sedot Perhatian Pengunjung Apkasi Expo 2019 Di JCC

5 July
16:21 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga:  Knalpot dan bulu mata Purbalingga menyedot perhatian dalam ajang Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2019 yang digelar di JCC Senayan, 3-5 Juli 2019. Produk unggulan Purbalingga tersebut banyak diminati pengunjung event yang diselelenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi).

"Saya baru tahu dari event ini ternyata bulu mata yang dipakai artis-artis produksi dari Purbalingga," ujar Elisabeth, pengunjung asal Samarinda, Kalimantan Timur.

Ia pun berminat untuk memasarkan produk itu di daerahnya. Tak hanya Elisabeth, kaum hawa pengunjung AOE 2019 rata-rata tertarik datang ke stand Purbalingga karena bulu mata dan wig-nya. Tak jarang mereka memborong untuk dipakai sendiri maupun dijual lagi.

Sedangkan Rhendold, pengunjung asal Jakarta saat menyambangi stand Purbalingga yang terletak di Hall B mengatakan sangat tertarik dengan knalpot asal Purbalingga "Knalpot Purbalingga kualitasnya bagus, saya sering beli online," ujarnya Jumat (5/7/2019).

AOE memang ajang tahunan yang khusus digelar untuk mempromosikan potensi daerah. Acara tersebut dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto.

Wiranto yang datang mewakili Presiden Joko Widodo meminta daerah-daerah berkolaborasi dalam inovasi untuk memajukan daerah masing-masing. "Presiden Jokowi mengharapkan adanya inovasi-inovasi baru di semua daerah tetapi juga berkolaborasi. Jadi setiap daerah berpacu dalam inovasi, tetapi harus ada kolaborasi," ujarnya.

Wiranto berharap, pemerintah daerah dapat saling belajar dan saling mengombinasikan keunggulan daerah masing-masing. Di samping itu, pemerintah daerah harus fokus menggarap produk unggulan itu supaya bisa bersaing di tingkat dunia.

Sebagai informasi, penyelenggaraan AOE dua tahun terakhir ditandai tercapainya transaksi bisnis sebesar kurang lebih Rp 4 triliun antara investor dan buyers, baik dari dalam maupun luar negeri. Gelaran tersebut dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung, investor dan buyer dari dalam dan luar negeri.

Tahun ini, AOE yang berfokus pada pariwisata, perdagangan dan investasi mengambil tema "Kemitraan Bisnis untuk Peningkatan Ekonomi Lokal Berkelanjutan". Apkasi yang beranggotakan 416 pemerintah kabupaten bertekad terus meningkatkan kemampuan agar dapat memenangkan persaingan di pasar lokal, regional, maupun di tingkat internasional.

Kabupaten Purbalingga selaku anggota Apkasi rutin menghadiri acara tersebut. "Kali ini, selain knalpot dan bulumata, Purbalingga juga menghadirkan wayang suket yang dikombinasikan dengan bingkai kayu jati, juga kopi lokal Purbalingga," ujar Sidik Purwanto, Kepala Dinperindag Kabupaten Purbalingga yang hadir pada acara tersebut.

Pada ajang tersebut, Kabupaten Purbalingga juga menghadiri Workshop Pengembangan Pariwisata yang dihadiri Kepala Dinporapar Yanuar Abidin dan Bussines Matching yang dihadiri Plt. Kepala DPMPTSP Mukodam. (SPJ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00