• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

PURBALINGGA

Kabupatenb Purbalingga di 2021, Semua Desa Kelurahan Harus Punya Perpustakaan

4 July
15:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purbalingga: Di tahun 2021 mendatang, 239 Desa dan Kelurahan yang ada di Purbalingga harus mempunyai Perpustakaan. Hal tersebut disampaikan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) saat melakukan sambutan acara sosialisasi Perda No 1 tahun 2018 tentang pengelolaan perpustakaan Desa/Kelurahan bagi para Kades, Kalur, Ketua BPD dan LKMK, Kamis (4/7/2019) di Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Tiwi mengatakan, saat ini baru ada 78 Desa/ Kelurahan seluruh Purbalingga yang sudah memiliki perpustakaan. Menurutnya, walaupun hal tersebut adalah langkah awal yang bagus, semua Desa dan Kelurahan di Kabupaten Purbalingga harus mempunyai perpustakaan semua untuk menunjang kegiatan pembelajaran bagi warga Desa sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) akan terangkat.

“Kita saat ini baru ada 78 Perpusdes atau Kelurahan di Kabupaten Purbalingga. Saya mewajibkan di tahun 2021 semua Desa/kelurahan di Purbalingga untuk punya Perpusdes karena manfaatnya akan sangat dirasakan masyarakat sekitar,” kata Tiwi.

Tiwi menambahkan, saat ini peringkat literasi Indonesia masih dalam taraf yang relative tidak baik jika dibandingkan Negara-negara lain termasuk dari Negara tetangga seperti Singapura. Sehingga, pembentukan Perpusdes akan sangat membantu tingkat literasi warga Indonesia yang otomatis akan meningkatkan SDM warga Indonesia dan khususnya Purbalingga.

“Tingkat literasi warga Indonesia ini masih kalah dengan Singapura. Makanya dengan dibentuknya Perpusdes, akan meningkatkan literasi warga Purbalingga untuk lebih baik,” imbuhnya.

Aturan tentang wajibnya pendirian Perpusdes tersebut telah tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) no 1 2018 tentang pengelolaan Perpusdes. Di dalam pasal 14 disebutkan “Setiap Desa/Kelurahan wajib mendirikan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran di wilayah Desa/Kelurahan masing-masing”. Aturan tersebutlah yang mendasari Tiwi agar setiap Desa atau Kelurahan memiliki Perpustakaan.

“Kita sudah punya aturan dalam Perda yang mengatur pendirian Perpus itu sehingga saya wajibkan semua Desa dan Kelurahan untuk punya perpus di 2021 nanti,” pungkasnya. (spj

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00