• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Kegiatan

Kualitas & Kuantitas Pembina Pramuka Dituntut Semakin Meningkat

30 June
13:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Kualitas dan kuantitas para Pembina Pramuka Mahir pada gerakan Pramuka Kwarcab 1101 Cilacap dituntut semakin meningkat.

Hal itulah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) 2019, di Bumi Perkemahan Jambusari, Jeruklegi, Cilacap, Senin – Kamis (24 – 27/6/2019) lalu.

"KML menjadi upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pembina pramuka mahir tingkat lanjutan. Selain itu juga untuk memenuhi rasio jumlah peserta didik dan pembina pramuka, 1:20 di wilayah Kwarcab 1101 Cilacap” jelas Taryo, Andalan Cabang Urusan Humas Kwarcab 1101 Cilacap.

Kegiatan diikuti 72 peserta perwakilan dari seluruh kwartir ranting, dibuka oleh Ketua Kwarcab 1101 Cilacap Farid Ma'ruf.

Lebih lanjut materi KML antara lain dinamika kelompok, curah gagasan, studi kasus, demontrasi, bermain peran, presentasi, simulasi, berbagai kegiatan praktek seperti kepenegakan, scouting skill dan permainan), open forum, rencana tindak lanjut dan lain-lain.

“Materi disampaikan oleh Korps Pelatih Pembina Pramuka Pusdiklatcab Kwarcab 1101 Cilacap yang sudah mempunyai sertifikasi sebagai pelatih pembina pramuka” ujarnya.

Ketua Kwarcab 1101 Cilacap Farid Ma'ruf mengatakan kegitan tersebut menjadi upaya mempersiapkan para pembina pramuka yang mempunyai kecakapan dan keterampilan yang lebih baik.

Terlebih Pembina juga pada dasarnya merupakan pendidik yang diharapkan lebih mampu dalam membimbing dengan penuh cinta kasih, suka dan rela dengan pola pendekatan antara kakak dan adik.

"Kegiatan ini sangat strategis dalam mempersiapkan para pembina pramuka yang handal, pembina yang berkualitas, terlebih mereka merupakan salah satu ujung tombak dalam pendidikan kepramukaan di gugus depan, sehingga mereka akan menjadi tauladan bagi para peserta didiknya" kata Farid.

Ditambahkan Taryo ke depan berbagai kegiatan kepramukaan akan terus dilaksanan di Bumi Perkemahan Jambusari.

“Sehingga berbagai kekurangan yang ada selama ini seperti MCK, lampu penerangan, lapangan, perkantoran dan pendopo dan berbagai fasilitas lainnya akan terus ditata dan dibenahi” imbuhnya.

Diharapkan keberadaan Bumi Perkemahan Jambusari semakin semarak dengan berbagai kegiatan dan menjadi kebanggaan keluarga besar gerakan Pramuka Kwarcab 1101 Cilacap khususnya, dan masyarakat Kabupaten Cilacap pada umumnya.

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00