• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

INFO MASYARAKAT

Menguatkan Komunitas, Merawat Keberagaman

24 June
16:53 2019
1 Votes (4)

KBRN, Cilacap : Peran komunitas dinilai sangat penting dalam menjaga persatuan dan keberagaman yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia.

Hal itu diungkapkan Nevvin Hanjuna, penggagas komunitas literasi Mengkaji Pustaka dalam tasyakuran HUT ke-2 komunitas tersebut di jalan Nusantara, Cilacap Minggu (23/6/2019) sore.

Kegiatan bertajuk Anniversary Mengkaji Pustaka #2 itu dikemas dalam beragam segmen acara, seperti penampilan musik akustik, diskusi bertema “Peran Komunitas dalam Keberagaman”, potong tumpeng, hingga nonton film bioskop keliling.

Dikatakan Nevvin, tema keberagaman menjadi isu penting dalam diskusi mengingat banyaknya komunitas yang positif dalam suatu wilayah menjadi aset yang harus dijaga.

“Diskusi dengan tema Peran Komunitas dalam Keberagaman perlu kami angkat,  karena saat ini keberagaman menjadi kekayaan yang paling penting dimiliki oleh bangsa Indonesia” ujarnya.

Rm. Vincentius Watun, salah satu pemantik diskusi dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Cilacap mengapresiasi peran komunitas Mengkaji Pustaka dalam mengangkat isu keberagaman.

“Memang komunitas Mengkaji Pustaka mungkin dianggap kecil secara jumlah. Tapi peran mereka dalam menularkan semangat literasi tidak bisa diremehkan. Karena dengan literasi ini sekaligus menangkal berita-berita hoaks demi menjaga dan merawat keberagaman” ungkapnya.

Selain Rm. Vincent, pemantik diskusi lainnya adalah Insan Indah Pribadi dari Sangkanparan, guru SMP N 1 Kesugihan Nuryanto, guru SMA N 1 Dayeuhluhur Warno dan pustakawan Perpusda Cilacap Budi Setyono.

Sementara itu kegiatan dihadiri para aktivis dari berbagai komunitas seperti Bangku Tambatan, Pena Pagi, Suara Aksara, Gerakan Anti Sampah (GAS), Gerakan Citanduy Lestari, Libertas, Garasi Buku, Kopi Berkawan, Cilacap Srawung, Explore Musik Cilacap, Sangkanparan, Gejolak Jiwa Muda, Ighopala, Save Our Nusakambangan, Cilacap Youth Movement, FKUB, Forum Muda Lintas Iman, Orang Muda Katolik (OMK), dan lain-lain.

“Harapannya kami tetap istiqomah ke depannya bisa berlanjut terus, tidak berhenti di anniversary kedua” pungkas Nevvin.

 

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00