• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Kegiatan

Keteladanan Walisongo, Insiprasi Akhirussanah SD IT Buah Hati Cilacap

24 June
14:31 2019
1 Votes (4)

KBRN, Cilacap : Perjuangan dan semangat Walisongo dalam penyebaran agama Islam di Nusantara menjadi inspirasi penyelenggaraan kegiatan Akhirussanah (pelepasan siswa -red) kelas VI SD IT Buah Hati Cilacap.

Hal itu tergambar dalam mini drama yang diperankan oleh para siswa pada kegiatan yang dilaksanakan di Graha Pemuda Bercahaya tesebut, Minggu (23/6/2019).

Mini drama berdurasi sekitar 50 menit itu mengisahkan masuknya ajaran agama Islam yang dibawa oleh para Walisongo.

Puncaknya adalah pembangunan masjid Demak sebagai tempat ibadah umat Islam sekaligus simbol keberhasilan Walisongo dalam misi menyebarluaskan agama Islam.

“Mini drama ini sekaligus menjadi inspirasi kami yang  tengah menyelesiakan pembangunan masjid Buah Hati di komplek sekolah. Menjadi gambaran perjuangan kami bersama Yayasan, Komite dan semua pihak untuk membangun masjid tersebut, sebagaimana teladan para Walisongo” kata Sulistiana, Kepala SD IT Buah Hati Cilacap.

Lebih lanjut kata dia akhirussanah di tahun keempat ini mengusung tema ‘Harmoni Budaya Nusantara’ yang menggambarkan kekayaan ragam budaya di Indonesia.

“Kita berada di gedung ini dengan sentuhan etnik Nusantara dan China. Ini adalah bentuk akulturasi budaya dalam proses penyebaran Islam khususnya di Jawa oleh Walisongo. Ini memberikan makna dan keteladanan, sekaligus menginspirasi kami, SD IT Buah Hati yang sudah berusia 9 tahun” imbuh Sulis.

Selain prosesi pelepasan para siswa kelas VI, pihak sekolah juga memberikan apresiasi khusus kepada beberapa peserta didik dengan pencapaian hafidz quran dengan kategori diantaranya hafidz terbanyak, dan hafidz tergigih.  

 

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00