• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Kegiatan

Siskamling, Upaya Efektif Atasi Gangguan Keamanan Lingkungan

19 June
17:07 2019
0 Votes (0)

KBRN, Cilacap : Gerakan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) diminta untuk digencarkan kembali sebagai upaya efekif menjaga keamanan, ketenteraman dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesbangpol Cilacap Sadmoko Danardono melalui Kabid Faspolkam Hari Mulyono dalam Sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan (Dalkamling) Kabupaten Cilacap 2019 di gedung Kecamatan Cimanggu, Selasa (18/6/2019).

“Kami meminta masyarakat berupaya semaksimal mungkin dalam menjaga keamanan, ketentraman dan kenyamanan lingkungan dengan menggalakan Siskamling. Ini penting untuk mencegah dan mengantisipasi ancaman yang dapat menggangu stabilitas wilayah” jelas Hari.

Lebih lanjut sinergitas yang kuat antara aparat keamanan dan warga juga mutlak dibutuhkan untuk mengatasi semua permasalahan di lingkungan masyarakat.

“Untuk itu diperlukan sinergitas aparat keamanan dan warga serta dukungan dan kerjasama dari semua pihak seperti aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh komponen masyarakat” kata Hari.

Ditambahkan sosialisasi Dalkamling diatur Permendagri 84/2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat yang di dalamnya ikut serta memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat demi menciptakan rasa nyaman.

Kasdim 0703/Cilacap Mayor (Inf) Ahmad Rofik Alfian sebaai narasumber menyampaikan beberapa hal terkait potensi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) sekaligus konsep penanganannya.

“Ada konsep segitiga AGHT target yang dituju yaitu manusia, material, operasional, dokumen dan lingkungan. Terkait hal ini agar AGHT dapat dihilangkan atau dikurangi antara lain dengan eliminasi, subsitusi, deformasi, minimalisasi dan isolisasi terhadap target”ujarnya.

Dalam penanganannya, lanjut dia menghadapi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri baik yang nyata maupun tidak nyata selain menjadi tugas TNI juga tugas seluruh rakyat Indonesia (penggabungan kekuatan Soft dan Hard Power) sesuai UU 3/ 2002 tentang Pertahanan Negara, perang semesta.

"Kita harus bijak, bersatu dan saling bersinergi karena ancaman semakin nyata dan konflik sering terjadi. Untuk itu perlu antisipasi dan upaya nyata guna mencegah dan mengantisipasi ancaman yang dapat mengganggu stabilitas wilayah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa, mengancam keutuhan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan ke-Bhinekaan Bangsa Indonesia" tegasnya.

Kegiatan dihadiri Camat Cimanggu Buddy Haryanto dan unsur Forkopimcam, Kasat Binmas Polres Cilacap AKP Pujiono serta diiikuti  100 orang warga sebagai peserta.

  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00