• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

CILACAP

Budayakan Membaca, Kurangi Hoaks

18 June
16:52 2019
1 Votes (4)

KBRN, Cilacap : Kebiasaan membaca diyakini meningkatkan wawasan dan keterampilan sekaligus meghindari berita-berita hoaks.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpusda Cilacap  Supriyanto dalam Sosialisasi Pembudayaan Gemar Membaca bersama Perpustakaan Nasional di gedung Jalabhumi Pemkab Cilacap, Selasa (18/6/2019).

“Salah satu tujuan penting gerakan pembudayaan gemar membaca adalah sebagai motivasi bagi masyarakat untuk membiasakan membaca buku bacaan agar membuka wawasan dan keterampilan diri dalam kehidupan sehari-hari” jelasnya.

Dampak positif lainnya hal ini sealigus menghindari informasi hoaks karena gerakan membaca berbasis literasi yang sangat penting dalam meningkatkan kapasitas termasuk pada anak-anak.

Kabid Pengkajian dan Minat Baca Perpustakaan Nasional RI  Nani Supriyanti menyatakan  pembudayaan gemar membaca merupakan gerakan nasional di 32 titik di Indonesia dari wilayah barat timur dan tengah.

“Kegiatan ini sebagai upaya mendorong pengelola perpustakaan dan pegiat literasi di sekolah untuk memotivasi anak didik dalam mendayagunakan koleksi di perpustakaan” ujarnya.

Diharapkan para peserta yang sudah terlatih bisa menjadi pegiat literasi di lingkungan masing-masing  dan menjadi komitmen yang massif dari semua stakeholder demi mendukung upaya pengentasan kemiskinan melalui revolusi mental.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Cilacap  Tatto Suwarto Pamuji melalui Asisten Administrasi Umum  Indro Cahyono dihadiri 100 peserta terdiri dari guru PAUD dan SD, pustawakan, komunitas literasi, PKK dan media massa.


  • Tentang Penulis

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

  • Tentang Editor

    Shandy Windu

    <p>KONTRIBUTOR BERITA DAERAH CILACAP</p><p> </p>

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00