• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Ratusan Santri El Fira 3, Ngabuburit Dengan Jurnalis Purwokerto

26 May
04:48 2019
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Ratusan santri dan santriwati, dari Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) El Fira 3, Kebon Bayam Jalan A. Yani Purwokerto Jawa Tengah. Mengisi waktu menunggu buka puasa atau ngabuburit, dengan belasan jurnalis berbagai media di Purwokerto.

Salah satu santri Zulkifli mengatakan dengan ngabuburit bersama jurnalis ini, memberikan pemahaman baru mengenai dunia jurnalis. Sehingga bisa meningkatkan kemampuan untuk melakukan kerja kewartawanan, yang bisa diterapkan ke dalam media sosial yang dimilikinya.

" Saya senang sekali, apalagi saya dari mahasiwa Komunikasi Penyiaran Islam ( KPI) IAIN Purwokerto. Ilmu yang diberikan ini juga sangat menunjang, terutama pengambilan vidio dan editingnya," kata Zulkifli

Sementara itu Pemilik PPM El Fira 3 Fathul Aminudin Aziz menjelaskan Ponpesnya berdiri sejak tahun 2017,dengan jumlah santri mencapai 450 orang. Kebanyakan santri yang menuntut ilmu berasal dari sejumlah mahasiswa yang ada di Purwokerto.

PPM El Fira 3 selain memberikan materi keagamaan, juga mengkhususkan untuk pendalaman bahasa ingris dan arab. Sehingga di harapkan mahasiswa selesai menuntut ilmu, bisa mengguasai kedua bahasa ini.

Bahkan menurut Aziz pihaknya juga membuka kursus bahasa ingris, dengan pengajar dari Pare Kediri. Sehingga kurikulum yang digunakan memakai kurikulum Pare, yang diperuntukan bagi masyarakat umum.

" Jadi tidak hanya menuntut ilmu agama islam, tetapi juga kami memberikan kemampuan bahasa arab dan ingris. Diharapkan nanti ketika mereka membuat skripsi, memakai bahasa arab atau ingris. Karena mereka pagi- sore belajar di Kampus masing- masing, maka pembelajaraan dilaksanakan pada malam hari - subuh," kata Aziz.

Meteri yang diberikan oleh wartawan dalam Ngabuburit yakni, penulisan berita, teknik pengambilan gambar vidio, editing vidio dan  pemanfaatan media sosial. Materi ini disampaikan oleh wartawan Tv, online, cetak dan radio. (RA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00