• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

PT KAI Daop 5 Purwokerto, Siap Sambut Pemudik

23 May
18:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto: Memastikan angkutan lebaran berjalan aman dan lancar PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto, sudah melakukan perawatan prasarana yang ada, seperti jalan rel, jembatan dan persinyalan. 

“Kami juga melakukan pemetaan daerah-daerah rawan disepanjang jalur KA dengan menempatkan  petugas maupun peralatan siaga (AMUS - Alat dan Material Untuk Siaga) di 20 lokasi, yang apabila dibutuhkan dapat segera dilakukan mobilisasi, termasuk personil Flying gang” ungkap Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto, Agus Setiyono Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, di Daop 5 ada 12 lokasi yang termasuk daerah rawan yang akan dilakukan pengawasan khusus dengan menempatkan personil penjaga, yaitu    Lintas Kroya-Sonngom Slawi, Antara stasiun Slawi-Prupuk ada 2 lokasi tanah labil dan rawan pohon tumbang, Antara Songgom-Prupuk ada derah rawan longsor, Antara Prupuk-Linggapura ada 3 lokasi rawan longsor, Antara Linngapura-Bumiayu ada rawan banjir.

Lintas Banjar-Kroya, Antara Banjar-Langen ada rawan longsor, Antara Kawunganten-Jeruklegi ada 2 titik rawan amblesan, Antara Jeruklegi-Lebeng adan titik rawan lonsor,

Lintas Kroya-Kutoarjo,  Antara Tambak-Ijo ada daerah rawan longsor Saat ini, jalur ganda sudah bias dioperasikan Antara stasiun Purwokerto  Kroya.

Selain itu, akan ditempatkan personil penjaga perlintasan yang dipandang rawan  ada 3 titik di JPL 355 antara Karanggandul-Purwokerto, JPL 501 antara sumpiuh-Tambak dan JPL 529 antara Ijo-Gombon.

“Kami juga akan mengoptimalkan Juru Penilik Jalan (JPJ) Reguler, juga dilakukan penambahan JPJ ekstra untuk  16 titik ” kata Agus Setiyono.

Dalam kesempatan yang sama Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto menambahkan, KAI Daop 5 Purwokerto juga sudah melakukan persiapan dan perawatan sarana yang ada, Lokomotif dan kereta, baik untuk perjalanan KA Reguler maupun KA tambahan lebaran.

Armada di Daop 5 purwokerto sebanyak 32 lokomotif, dengan rincian , 14 lokomotif untuk perjalanan KA penumpang, 4 lokomotif KA tambahan,  2 lokomotif asistensi/bantuan selama lebaran, 7 lokomotif untuk perjalanan KA barang, 3 lokomotif untuk kegiatan langsiran dan darurat, serta 2 lokomotif cadangan.

Sedangkan kereta ada 22 rangkaian KA reguler keberangkatan dan berakhir di Daop 5, serta 8 rangkaian KA tambahan yang berangkat dan berakhir di Daop 5.

Perawatan lokomotif dilaksanakan rutin, baik harian, bulanan, 3 bulanan, 6 bulanan serta tahunan. Dilaksanakan di Dipo lokomotif Purwokerto dan Kutoarjo. 

Perawatan harian, dilaksanakan usai lokomotif berdinas, meliputi pengecekan pada pengereman, alat tolak tarik dan selang angin/air brake, klakson/suling lokomotif, penghapus kaca/wiper, speedometer, deadman pedal, lampu sorot dan kabut, lampu kabin masinis, Radio Lokomotif. Atau istilahnya kelengkapan 'No Go Item', yaitu yang wajib ada untuk operasional lokomotif.

Selain harian, juga dilaksanakan perawatan 1 bulanan, 3 Bulanan, 6 Bulanan dan 1 tahun.  "Untuk perawatan 1 bulanan hingga tahunan, lebih lengkap," kaya Supriyanto.

Karena letak Daop 5 yang berada ditengah-tengah perjalanan KA (baik dari Jawa timur maupun dari Jakarta/Bandung) team perawatan sarana selalu siaga untuk melakukan tindakan segera apabila ada lokomotif maupun kereta yang melintas di Daop 5, yang mengalami gangguan. 

Sedangkan untuk rangkaian kereta, usai berdinas, juga dilakukan perawatan harian selain dilaksanakan pembersihan, pengisian air, pengecekan lampu interior, kursi, pengecekan pengereman, serta yang lainnya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00