• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

KEBUMEN

Tepis Isu Kecurangan, Petugas Pemilu Di Kebumen Deklarasikan Pemilu Jurdil

4 May
19:15 2019
1 Votes (5)

KBRN, Kebumen: Hari pemungutan suara Pemilu 2019 telah dilaksanakan secara nasional pada 17 April lalu, namun gesekan antar pendukung paslon capres masih terasa. Pun adanya suara-suara sumbang di masyarakat yang mengatakan pelaksanaan kegiatan Pemilu tidak transparan dan para petugas kurang profesional dalam menjalankan tugasnya.

Sebagai salah satu upaya dalam menjaga kondusifitas masyarakat, para petugas PPK, Panwas di tingkat Kecamatan,  PPS dan para saksi yang ada di Kabupaten Kebumen melakukan deklarasi bahwa Pemilu 2019 di Kebumen berlangsung baik. Dipimpin ketua PPK Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, Johaeni Rokhman, para petugas Pemilu ini tegas menyatakan proses rekapitulasi di PPK kecamatan berjalan dengan tertib aman dan transparan.

"Kami ucapkan terimakasih yang setulus-tulusnya, atas dukungan dan kerjasama semua pihak, terlebih dari Panwas," jelasnya.

Adapun isi deklarasi yang dilakukan oleh petugas PPK yakni:

Kami dari PPK Kecamatan Ayah, Panwas Kecamatan Ayah, PPS dan para saksi dengan ini menyatakan bahwa rekapitulasi penghitungan suara, di tingkat PPK Kecamatan Ayah berjalan dengan aman lancar dan damai serta tidak ada kecurangan.

"Kebumen pencen maen, yes!" Sorak peserta deklarasi menutup kalimat.

Ditemui RRI usai deklarasi, Johaeni mengatakan ia bersama dengan para petugas Pemilu mengesampingkan waktu istirahatn dan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya agar pekerjaan yang dikejar waktu itu harus segera terselesaikan.

"Semua rasa capek, letih, lesu dan mengesampingkan waktu istirahat akan terbayarkan, saat rekap telah selesai," tutur Johaeni.

Sebelumnya, deklarasi yang sama juga dilakukan sejumlah elemen masyarakat Kebumen pada acara "May Day" di Alun-alun Kebumen. Bersama-sama, ratusan peserta menyatakan bahwa pelaksanaan Pemilu yang sedang berjalan akan dijaga dengan rasa persatuan dan kesatuan.

Para elemen masyarakat juga sepakat akan menjaga ketertiban, keamanan dan kondusif atas proses Pemilu yang sedang berjalan.

Selanjutnya yang tak kalah penting, masyarakat diharapkan agar sabar dan dapat menerima hasil keputusan KPU dalam tahapan berjenjang penghitungan suara Pemilu 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00