• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BUDAYA

Festival Hadroh Hari Jadi Kabupaten Tegal Ke 418, Diikuti 63 Group Dari Berbagai Daerah

4 May
06:21 2019
1 Votes (5)

KBRN, Festival Slawi yang diselenggarakan di dalam rangka Hari Jadi ke-418 Kabupaten Tegal diminati oleh peserta dari berbagai daerah. Salah satunya adalah Cirebon, Pekalongan, Brebes, Kota Tegal dan Pemalang. Acara ini diadakan di pelataran Rumah Dinas Bupati Tegal dengan total 63 peserta. 

Bupati Tegal, Umi Azizah mengapresiasi peserta yang menghadiri acara festival Hadroh ini. Meskipun di era teknologi informasi berkembang pesat dan tanpa batas, tetapi masih banyak masyarakat yang senang melestarikan kesenian hadroh. 

“Saya ingin tahun depan festival hadroh dengan lagu tegalan. Melestarikan bahasa tegalan sekaligus berdakwah, ”usul Umi kepada panitia, Jumat (3/5/2019) malam hari.

Dihadiri para peserta yang membahas tentang pemuda ini, Umi berharap hadroh dapat membawa keberkahan dan juga Keberuntungan. Karena banyak penggemar atau para pendakwah muda yang menggunakan alat musik hadroh. Sebut saja, Sabyan Gambus. 

“Dengan kepiawaiannya memadukan musik dan lagu dakwah menghantarkan kesuksesan yang luar biasa,” katanya.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Tegal, Siti Fazilah mengatakan tujuan diadakannya festival hadroh ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kecakapan pada senior hadroh.

“Satu grup menyanyikan dua lagu, yaitu lagu wajib dan lagu pilihan. Seperti yalal wathon, deen assalam dan ya maulana dengan waktu 15 menit, ”pungkasnya.

Salah satu festival juri hadroh ini adalah Ketua Dewan Kesenian, Imam Djoen dan Sohibul Hikam, Joko Sucianto. (AR). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00