• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

DAERAH

TPS Instagramable, Meningkatkan Partisipasi Pemilih di Brebes

17 April
13:18 2019
1 Votes (5)

KBRN, Brebes: Untuk menarik pemilih dari kalangan milenial, TPS 55 Desa Winduaji Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes Jateng membuat TPS yang instagramable. Berupa ornamen dari kain batik, dan juga bunga- bungaan. Selain itu ada sejumlah tulisan yang bisa dipegang oleh pemilih.

KPPS 55 Desa Winduaji Ahmad Saufani mengatakan, pihaknya sengaja membuat TPS seperti itu untuk menarik pemilih. Terutama pemilih milenial, agar mereka datang untuk mencoblos. Selain itu mereka juga bisa mengunggah ke sosial media, sehingga akan menarik pemilih lainya.

Hal ini menurut Saufani berdampak pada partisipasi pemilih, dari Pilkada 2018 partisipasi di TPS 55 hanya 60 persen. Namun satu jam menjelang penutupan pencoblosan, pemilih mencapai 80 persen dari total DPT di TPS ini yang mencapai 278 orang.

" Adanya hiasan seperti ini, ternyata pemilih sangat antusias. Sekarang sudah ada 80 persen yang sudah mempergunakan hak pilihnya, pada waktu Pilkada kemarin hanya 60 persen," kata Saufani.

Sementara itu salah satu pemilih pemula di TPS 55 Desa Winduaji bernama Bahaudin mengatakan sangat senang dengan hiasan TPS 55. Bahkan setelah mencoblos dirinya bersama teman perempuanya, foto untuk diunggah ke sosial media miliknya.

" Jadi tambah semangat kalau nyoblos kaya gini, seneng baut kami generasi milenial. Pokoknya langsung upload ke FB," kata Bahaudin.

Pantuan kami di TPS 55 Desa Winduaji ini, hujan deras melanda wilayah ini mulai pukul 11. 30 - 12.30 WIB. Namun demikian masyarakat, terus berdatangan untuk mempergunakan hak pilihnya. (RA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00