• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Desa Dawuhan Wetan Manfaatkan Tanah Kasnya Untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

13 January
06:54 2019
1 Votes (3)

KBRN, Purwokerto: Dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, pemerintah desa dawuhan wetan, kecamatan kedungbanteng, kabupaten Banyumas memanfaatkan tanah kas desa di grumbul perzil untuk kegiatan olahraga motor.

Kegiatan olahraga motor jenis enduro cross tersebut diadakan dengan merangkul masyarakat komunitas trail putra lereng Slamet Baturraden di wilayah sekitarnya. Disamping itu, langkah yang diambil oleh pemerintah desa Dawuhan Wetan itu sebagai awal promosi pengembangan desa wisata.

Perangkat desa Dawuhan Wetan, Nasrul Madjid menjelaskan, ide diadakannya kegiatan itu berawal dari tidak terawatnya tanah kas milik desa tersebut.

"Tanah itu dulu pernah digunakan untuk latihan kader siaga bencana, namun setelah itu tidak terawat", terangnya kepada RRI di Desa Dawuhan Wetan, Banyumas, Minggu (13/1/2019).

Dengan diadakan kegiatan itu, lanjutnya, diharapkan bisa berdampak langsung pada masyarakat secara ekonomi.

”Dari desa yang jelas kalau secara langsung sekarang belum, karena masih tahap promosi dan tahap pembenahan. Tapi dari masyarakat yang ada Alhamdulillah sudah mulai ada kegiatan artinya kegiatan positif”, ungkap Nasrul.

Nasrul juga menyebutkan selain digunakan sebagai sirkuit yang lintasannya berjarak 1,2 kilometer itu, kedepannya bisa dibuatkan kolam renang,  wahana outbond dan lain sebagainya.

“Kalau settingannya tempat ini selain nanti untuk sirkuit, juga bisa melihat potensi yang ada dibawah ada mata air, mungkin kedepannya bisa dibikin kolam renang, wahan outbond dan sebagainya”, tandasnya.

Senada dengan Nasrul, Upi Setian atau akrab disapa pesek dari komunitas trail lereng Slamet menyambut baik digunakannya lahan itu untuk sirkuit.

"Dengan dibukanya lokasi itu bisa menambah guyub rukun diantara komunitas trail", pesannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00