• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LUAR NEGRI

Kopi Indonesia, Favorit di Mesir

26 May
18:33 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kairo : Malam baru dimulai, shalat tarawih baru saja berakhir, sejumlah orang di Kairo Mesir, mulai menuju ke sejumlah warung kopi dan café. Dari kelas elit, hingga yang ada di pingir jalan. 

Pengunjung akan semakin banyak, ketika ada pertandingan sepak bola. Sambil menonton permainan sepak bola, mereka menyeruput kopi,dan menghisap shisha ( rokok) Timur Tengah. 

Salah satu pemilik warung kopi di kawasan Naser City Kairo, Ahmed Rey Jumat (25/5/2018 ) malam waktu setempat, mengatakan masyarakat Mesir suka dengan kopi, dengan racikan sejumlah rempah. Gaya meracik kopi yang terkenal dari Turki.

“ Saya sangat suka kopi, sehingga saya membuat usaha café kopi. Saya setiap hari meracik kopi untuk pelanggan,”kata Ahmed.

Atase Perdagangan KBRI Kairo, Burman Rahman mengatakan, nilai ekspor kopi Indonesia ke Mesir pada tahun 2017 mencapai US $ 55,4 juta. Angka ini merupakan angka terbesar impor kopi Mesir dari sejumlah negara, setelah Indonesia, Mesir mengimpor kopi dari Vietnam dan Brazil. 

Jenis kopi yang paling disukai oleh masyarakat Mesir jenis robusta, karena memiliki rasa dan aroma yang enak sesuai dengan lidah masyarakat Mesir. Menurut Burman, ada sedikitnya 20 jenis kopi robusta yang disukai oleh masyarakat Mesir, yang diproduksi oleh petani mulai Aceh – Toraja. 

Kopi ini kemudian diracik oleh warga Mesir,dengan sejumlah rempah- rempah sehingga mempunyai rasa dan aroma yang berbeda. 

“ Kita kopi dari Indonesia, ada 20 macam kopi, mulai dari Aceh, Bali, Toraja, Sulawesi dan lain- lain. Karena rasanya banyak, mereka suka. Mereka juga mengkombinasikan dengan bumbu- bumbu atau rempah yang ada di Mesir,”kata Burman. 

Dengan nilai ekspor kopi 2017 mencapai US $ 55,4 juta, menjadikan kopi sebagai komoditi ekspor terbesar Indonesia ke Mesir nomer empat, setelah minyak kelapa sawit beserta turuannaya (CPO), benang dan karet. (RA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00