• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LUAR NEGRI

Perusahaan Asal Indonesia, Bangun Pabrik di Mesir

25 May
02:25 2018
1 Votes (4)

KBRN, Kairo : Menyusul kesuksesaan Indomie yang membuat pabrik di Mesir, sejumlah pengusaha asal Indonesia. Saat ini mulai menjajaki investasi di Mesir. 

Atase Perdagangan KBRI Kairo Burman Rahman mengatakan, Indomie sangat sukses, dan menjadi pemain utama di bisnis mie kemasaan di Mesir. Sehingga kesuksesaan ini mulai ditiru oleh sejumlah pengusaha asal Indonesia, untuk mendirikan pabrik di Mesir. 

Salah satunya perusahaan wafer, ban, dan perusahaan barang- barang kebutuhan rumah tangga. Khusus untuk perusahaan wafer Nabati, saat ini tinggal membangun pabrik. Karena sudah mendapatkan pengusaha lokal Mesir sebagai mitra, dan juga lokasi kemungkinanan pendirian pabrik. 

Menurut Burman, untuk pabrik ban asal Indonesia, juga saat ini dalam proses penentuan lokasi pabrik, antara di sekitar Kairo, maupun di luar Kairo. Selain empat  perusahaan asal Indonesia, yang cukup serius menanamkan modalnya di Mesir.  

Ada sejumlah peluang usaha yang bisa dilakukan oleh Pengusaha Indonesia di Mesir, diantaranya spare part kendaraan dan barang elektronik. 

“ Seperti ban, itu sangat menguntungkan untuk di sini (Mesir). Kalau ada pabrik spare part mobil, barang elektronik, dan kebutuhan rumah tangga itu sangat menjajikan. Dan sekarang sedang menjajaki PT. Nabati,”kata Burman. 

Sementara itu, General Manager Indomie Mesir Gunawan Harianto di temui oleh RRI Kamis (24/5/2018), Mesir sangat potensial untuk menanamkan investasi bagi pengusaha Indonesia. 

Selain pertumbuhan ekonominya cukup baik, jumlah penduduk banyak dan politik stabil. Selain itu, Mesir menjadi pintu gerbang untuk memasarkan produknya ke Eropa, Afrika, maupun negara Timur Tengah. Dari sisi upah pekerja di Mesir, relative murah bila dibandingkan dengan UMK Jakarta saat ini.

“ Mesir saya katakana adalah sentral dari dunia, pertama dari Mesir kita bisa ekpor kemanapun. Baik itu Eropa, Asia, Timur Tengah dan Afrika. Karena Mesir punya terusan Suez. Kedua Mesir itu mempunyai jumlah kerjasama dengan negara- negara regionalnya cukup banyak sekali,”kata Gunawan.

Sementara itu, saat ini dalam sebulan Indomie Mesir sudah bisa memproduksi hingga 2 juta bungkus untuk dipasarkan di Mesir. (RA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00