• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LUAR NEGRI

Al-Azhar Memperingati Pendiriannya ke-1078 Tahun

24 May
04:22 2018
1 Votes (4)

KBRN, Kairo: Ribuan orang  datang untuk melaksanakan ibadah, lainya untuk ikut buka bersama atau maidaturrahman di masjid Al-Azhar Kairo  Rabu (23/5/2018)  petang waktu Mesir.  

Masjid Al- Azhar pada hari Rabu 7 Ramadhan 1439 H, tepat berusia 1087 tahun. Tidak hanya masyarakat biasa yang datang untuk merayakan usia yang lebih dari 1000 tahun, sejumlah pejabat di Pemerintahan Mesir  dan Dosen Universitas Al- Azhar juga terlihat hadir, termasuk wakil Grand Syeh Al-Azhar. 

Salah satu mahasiswa Indonesia, yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Al- Azhar, Ahmad mengatakan dari refrensi dan dosen Al- Azhar, masjid Al-Azhar yang namanya dinisbatkan kepada Sayyidah Fatima Az-zahra putri Nabi Muhammad SAW. 

Di dirikan oleh Khalifah Al-Muiz Lidinillah dimasa Daulah Fatimiyyah, setelah sang khalifah menaklukan Mesir dan membangun kota Kairo (Al-Qahirah) yang kemudian dijadikan sebagai ibu kota Mesir dan pusat administrasi.  

Khalifah memerintahkan panglimanya yang bernama Jauhar Al-Shiqily yang memimpin komando 100,000 tentara daulah Fatimiyyah untuk membangun masjid tersebut pada tahun 359 H.

Masjid ini  didedikasikan sebagai pusat keilmuan, pemikiran dan kebudayan dalam rangka penyebaran agama Islam. pembangunan masjid Al-Azhar memakan waktu dua tahun dan secara resmi di buka pada tanggal 7 Ramadhan 361 H. (972 M.). 

“ Bahwa Al- Azhar berdiri pada Daulah Fatimiyyah, di masa Khalifah Al-Muiz Lidinillah. Pada waktu itu, Khalifah ini banyak memberikan perubahan terhadap Mesir. Dalam kesempatan hari ini, tepat diresmikannya masjid Al- Azhar. Jadi Al- Azhar tidak serta merta langsung ada Universitas, tetapi pertama kalinya yang dibangun adalah Masjid Al-Azhar,”kata Ahmad.

Pihak pengurus masjid Al-Azhar memperingatinya dengan menyelenggarakan beberapa agendanya dengan mengadakan acara buka bersama di masjid Al-Azhar yang dihadiri ribuan masyarakat umum dan para pelajar dari berbagai negara, 

Selain itu juga adanya acara tur Masjid Al-Azhar yang menceritakan, selain itu juga penulisan nama-nama peserta yang hadir dengan khat Arab oleh seorang ahli seni kaligrafi profesional. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00