• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LUAR NEGRI

80 Persen Siswa SIC Diterima di PTN

21 May
19:01 2018
1 Votes (4)

KBRN, Kairo : Meski berjarak ribuan kilometer dari Indonesia, Sekolah Indonesia Cairo (SIC) mampu meluluskan siswanya dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Sisanya melanjutkan ke sejumlah perguruan tinggi di luar negeri, seperti Jerman, Australia, Inggris dan Mesir. 

Kepala SIC Muhamad Samsu Hadi ditemui oleh RRI di Kairo, Minggu ( 20/5/2018) petang waktu setempat, menjelaskan tingkat prosentase siswa didiknya, yang diterima PTN mencapai 70- 80 persen. 

Dengan berbagai jalur masuk ke PTN, mulai dari jalur undangan hingga mandiri. Selain itu sisanya, kebanyakan meneruskan ke Perguruan Tinggi di Luar Negeri. Hal ini tidak terlepas, dari penerapan dan pembelajaraan dengan sistem kurikulum Indonesia. 

Selain itu, jumlah siswa yang relative sedikit sehingga guru bisa mengawasi dan memantau siswa didiknya dengan mudah. Dampaknya adanya interaksi yang positif dalam menunjang sistem belajar mengajar. 

Diterangkan oleh Samsu Hadi, untuk tahun 2018 ini terdapat sebanyak 6 siswa untuk kelas 12. Satu siswa diantaranya sudah diterima di IPB untuk jalur undangan atau SNMPTN, empat siswa sedang menunggu pengumuman SBMPTN.  Dan satu siswa sudah mendaftar di salah satu Perguruan Tinggi di Inggris. 

“ Rata- rata yang diterima bisa mencapai 70- 80 persen, karena memang ada beberapa yang kepengin kuliah di Jerman, dan ini ada yang kuliah di UK. Kalau saat ini kelas 12 sekarang enam siswa, sebelumnya dua tahun lalu 10 anak , dan tahun kemarin ada delapan siswa, sekarang enam,”kata Samsu Hadi.

Jumlah siswa keseluruhan  yang bersekolah di SIC saat ini mencapai 110 anak, mulai dari jenjang TK – SMA. Terbanyak saat ini berada di jenjang pendidikan SD. Siswa- siswi SIC selain berasal dari Indonesia, juga saat ini terdapat tiga siswa anak dari diaspora Indonesia yang berasal dari sejumlah negara. 

Kebanyakan WNI yang bersekolah di SIC berasal dari anak  diplomat, staf KBRI, anak mahasiswa Al- Azhar, dan juga TKW yang berada di Mesir. (RA). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00