• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

LUAR NEGRI

Antusiasme WNI, Ikuti Harkitnas di Kairo

21 May
03:12 2018
1 Votes (3)

KBRN, Kairo : Mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Universitas Al- Azhar Kairo, antusias mengikuti Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 110. Berlangsung Minggu (25/5/2018) sore waktu Kairo, di Balai Budaya KBRI Kairo.

 Selain mahasiswa upacara ini juga diikuti oleh diplomat dan staf KBRI Kairo, yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Mesir Helmy Fauzi.  

Presiden Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Mesir Indonesia (PPMI) Pangeran Arsyad mengatakan, mahasiswa Indonesia yang ada di Mesir, menjadikan Harkitnas sebagai momentum untuk lebih meningkatkan diri, dalam mencari ilmu di luar negeri. Untuk diamalkan untuk bangsa Indonesia nantinya. 

Selain itu, momen Harkitnas ini, menjadi refleksi bagi mahasiswa di Mesir, agar lebih giat dalam mengisi kemerdekaan. Demi kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia, sebab para tokoh pergerakan 110 tahun lalu berjuang dengan penuh keterbatasan. 

Namun saat ini, Pangeran menilai setelah Indonesia merdeka fasilitas cukup memadai dalam membangun bangsa Indonesia. Sebagai Presiden PPMI Pangeran, mengajak kepada mahasiswa lainya, yang berada di Mesir untuk bisa menjadi duta bangsa. 

Sehingga citra positif bangsa, dapat terlihat bagi masyarakat Mesir maupun warga dunia negara lainya yang sama- sama saat ini menuntut ilmu di negeri piramid. 

Pangeran menilai saat ini, 110 tahun pasca berdirinya Budi Utomo, mahasiswa Indonesia di Mesir, bisa menujukan kemampuanya di atas sejumlah mahasiswa lainya yang berasal dari berbagai negara. 

“ Pelajar yang ada di luar negeri otomatis, menjadi duta bangsa. Maka sebagai duta bangsa kita bisa memainkan peranan untuk mempromosikan Indonesia. Baik secara bangsanya, peroranganya, karena melihat karakter kita. Ataupun kita menampilkan budaya- budaya, atau keungulan yang dimiliki oleh Indonesia. Dulu Mesir menjadi saksi, bahwa perjuangan Kemerdekaan Indonesia ditopang oleh pelajar- pelajarnya,”kata Pangeran. 

Sementara itu, Helmy Fauzi, sebagai Pembina Upacara, membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, menyebut Harkitnas harus dimaknai, dengan upaya penyadaran diri setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang demi kesejahteraan bangsa.  

Selepas peringatan Harkitnas diadakan buka bersama,dengan sejumlah menu khas Indonesia. (RA).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00