• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Bencana Tanah Longsor, Terjadi Di Empat Desa Di Banyumas

9 December
05:42 -0001
0 Votes (0)

KBRN, Banyumas : Hujan deras yang terus menguyur wilayah Banyumas, dalam satu pekan terakhir menyebabkan adanya sejumlah desa di Banyumas mengalami longsor.

Longsor di Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas menyebabkan satu rumah rusak berat dan tiga lainya terancam.

Rumah milik Sanim, warga Dusun Kalisalak Desa Karangbawang tertimpa tanah longsor. Berasal dari tebing setinggi 12 meter dan lebar 7 meter. Sehingga dirinya dan keluarganya harus mengungsi.

Sanim menceritakan, musibah ini terjadi pada Jumat (5/1/2018) siang. Diawali dengan retakan tebing satu hari sebelumnya. Karena hujan deras yang terjadi, sejak jumat pagi akhirnya tebing longsor dan menimpa rumahnya. Tepatnya berada di dinding ruang tengah dan kamar.

Beruntung, pada saat kejadian dirinya, istri dan anaknya sudah berada di luar rumah. Namun akibat peristiwa ini, rumahnya rusak dan tearncam ambruk karena sebagian dinding sudah retak- retak. Sehinga Sanim berserta keluarha mengungsi.

" Jadi awalnya tebing retak-retak, kemudian keluar airnya. Selanjutnya tanah menekan pada dinding rumah saya, saya sudah melapor kepada keluarga dan perangkat desa. Namun karena upaya penyingkiraan tanah kurang maksimal. Jadinya longsor, " kata Sanim.

Sementara itu, dari keterangan dari BPBD, dan Tagana Banyumas hingga Sabtu (6/1/2018) pagi. Ada sejumlah daerah yang mengalami longsor.

Diantaranya Desa Paningkaban Kecamatan Gumelar, akses jalan sejumlah RT tertutup tanah. Akibat tebing longsor dan menimpa jalan, kejadian ini merupakan dampak longsor pertengahan Desember 2017. Selain itu pada Kamis (4/1/2018), bukit kapur di Desa Dramakradenan Kecamatan Ajibarang longsor.

Kejadian bencana juga terpantau di Desa Watuagung Kecamatan Tambak, longsor terjadi di RT 1 RW 1, menyebabkan pondasi rumah salah satu warga rusak dan jalan desa tertutup tanah longsor.

Sabtu pagi sejumlah relawan, BPBD, Tagana, Personil TNI dan Pramuka melakukan upaya pembersihan tanah longsor. (RA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00