• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

OFF AIR PRO1

HUT RRI Ke 71, RRI Purwokerto Gelar Pidato Bahasa Banyumasan

2 September
16:03 2016
2 Votes (3.5)

KBRN, Banyumas : Sebanyak 20 karyawan dan ibu dharma wanita Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Purwokerto, mengikuti lomba pidato Bahasa Banyumas. Berlangsung Jumat (2/9/2016) siang, di loby kantor RRI Purwokerto.

Peserta yang sebagian besar peserta, dari bagian penyiaran dan pemberitaan mengaku cukup kesulitan untuk berpidato dengan bahasa Banyumasan. Padahal bahasa ini masih digunakan oleh mereka dalam kehidupan sehari- hari.

Ketua Dewan Juri Roni Rohyadi yang selama ini mengasuh sejumlah acara, di RRI Purwokerto dengan bahasa Banyumasan mengatakan lomba ini sebagai bagian memeriahkan hari ulang tahun (HUT) RRI yang ke 71.

Selain itu juga untuk melestarikan bahasa Banyumasan, sehinga bahasa yang dikebal cablaka( apa adanya ) ini bisa tetap tumbuh di Banyumas.

“ Bahasa Banyumasan bukap ngapak, kata ngapak diberikan oleh orang diluar Banyumas. Lebih tetap adalah bahasa Banyumas cablaka, atau memiliki arti apaadanya dan mempunyai kesataraan,”kata Roni setelah acara selesai

Sementara, salah peserta lomba Pidato Bahasa Banyumasan, Suprianto Suparjo mengatakan pidato bahasa Banyumasan, sangat sulit. Karena tidak terbiasa, untuk berbahasa ibu ini ditengah- tengah masyarakat.

“ Sulitnya karena kita tidak terbiasa mempergunakan bahasa Banyumasan, didepan orang kebanyakan atau forum resmi. Bahasa Banyumas biasa digunakan untuk berdialog yang tidak resmi dengan keluarga atau teman,”kata Suprianto

Karena kesulitan mempergunakan bahasa Banyumasan, sebagian peserta memcampur dengan bahasa Indonesia, atau bahasa krama madya. Sehingga membuat peserta maupun penonton tertawa. (RA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00