• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Pemkab Banyumas, Canangkan Diet Kantong Plastik

10 March
18:00 2016
0 Votes (0)

KBRN , Purwokerto: Memperingati hari peduli sampah nasional tahun 2016, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Banyumas menncanangan diet plastik dan peresmian bank sampah induk di Aula Balai Kelurahan Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara.  Jum’at, (11/3/2016) 

Menurut Kepala BLH Suyanto, peduli sampah 2016 mengangkat tema.belanja cantik tanpa kantong plastik. 

“Tema ini diambil untuk mengkampanyekan gerakan pengurangan sampah,  limbah plastic dan membudayakan masyarakat agar membawa dan menggunakan kantong belanja berbahan ramah lingkungan, misalnya kantong kain yang  bisa dipakai berulang-ulang” katanya.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut BLH Banyumas mengerahkan komunitas peduli lingkungan antara lain Pramuka Saka Kalpataru, Relawan Adipura, Kayawan/wati BLH dan masyarakat Keluarahan Purwanegara. 

“Kegiatan akan diawali dengan kerja bakti masal di Jl. Brigjend Ecung kemudian dilanjutkan penanaman pohon, peresmian bang sampah, pembagian kantong belanja kain dan dilanjutkan dialog tentang pengelolaan sampah perkotaan” tambah Suyanto.

Untuk kantong belanja kain, Yanto mengandeng beberapa pihak antara lain Bank Jateng, Moro, Rita Ritelindo, Hotel Horison, Hotel Dominik dan lainya. 

“Upaya ini agar semua pihak agar tergugah dan mempunyai kesadaran akan bahaya limbah plastic, sehingga secara bertahap akan mengurangi timbunan sampah plastik” tambahnya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00