• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Indonesia Terlibat Aktif Selesaikan Tragedi Kemanusiaan di Myanmar

6 September
07:37 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Berbicara soal rezim Myanmar sepertinya sudah dipahami bahwa rezim Myanmar di bawah kepenasihatan Minister Consellor Aung San Su Kyi telah melakukan satu kejahatan kemanusiaan atas kaum Rohingnya.  

Kaum Rohingnya ini, menderita dan diperlakukan sangat tidak manusiawi oleh rezim Myanmar hanya karena mereka berbeda Suku, berbeda Ras, berbeda warna kulit dan berbeda agama dengan kebanyakan orang Myanmar.  

Tidak membahas agama di sini Secara fakta bahwa Rohingnya adalah muslim, adalah benar. Akan tetapi, pembicaraan di sini adalah soal tragedi kemanusiaan.    

Rezim Myanmar, adalah sangat tertutup. Namun mereka masih mau menerima menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi.Harapannya adalah bahwa pertemuan itu harus mampu menuntaskan tragedi kemanusiaan atas kaum Rohingnya. Lazimnya, pembicaraan semacam itu sangat lambat eksekusinya. Padahal di sisi lain, penderitaan itu terjadi tiap hari.    

Karena itu, saat rezim Myanmar belum mau membuka diri, maka yang paling penting adalah membuka akses bantuan kemanusiaan terlebih dahulu. Urusan manusia dalam kondisi tertindas itu yang penting adalah
makan.
 

Karena itu, harus diupayakan Pemerintah Indonesia mampu mendorong terbukanya akses tersebut. Sayangnya negara-negara ASEAN tidak bergerak dalam kondisi ini.   ASEAN memang harus ditanya ulang ke manfaatannya bagi warga bangsa -bangsa ASEAN.Indonesia masih dipercaya oleh Myanmar  

Karena itu, kita manfaatkan sebaik mungkin posisi ini. Kita dukung penuh kebijakan luar negeri Pemerintahan Presiden Jokowido dan Jusuf Kalla untuk terlibat aktif dalam penyelesaian tragedi kemanusiaan di Myanmar.      




*Sumber Foto : Google (BCS)*

Tentang Penulis

Widhie Kurniawan

Kapuspem RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00