• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Melindungi Anak Dari Kekerasan dan Pedofilia

21 April
06:46 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Hari ini tanggal 21 April Bangsa Indonesia memperingati sebagai hari Kartini. Satu momentum yang mengambil tanggal lahir Raden Ajeng Kartini.

 Siapa yang tak kenal dengan hari tersebut. Semua orang di negeri ini, baik pria, wanita dari usia sekolah dasar hingga dewasa mayoritas mengenal tokoh emansipasi wanita yang   lahir di Jepara ini.

 Memang sampai saat ini peringatan hari Kartini selalu dilaksanakan setiap tahun untuk mengenang jasa sosok wanita yang dinilai telah mengilhami peningkatan derajad wanita di tanah air, sehingga memungkinkan wanita berkiprah lebih tinggi disamping tugas utamanya sebagai seorang ibu.


Berbicara emansipasi  di era sekarang memang sudah terlihat nyata hasilnya. Perempuan perempuan sudah sangat banyak yang berkarier dan menempati posisi yang setara dengan kaum pria. Tidak hanya di swasta, di pemerintahanpun keberadaan sosok perempuan juga sdh banyak mewarnai. Sebagai gambaran, di kabinet kerja presiden Jokowi saja tercatat ada 9 menteri perempuan. Belum lagi Pejabat di bawahnya. Meski mungkin belum proporsional perbandingan jumlahnya, namun jumlah pejabat dan perempuan karier dari waktu ke waktu terus mengalami tren peningkatan. Inilah yang dicita citakan Raden Ajeng Kartini.

Namun ada satu kondisi yang akhir akhir ini semakin mengkhawatirkan perlu mendapat perhatian bersama khususnya kaum perempuan sebagai ibu rumah tangga. Semakin maraknya kasus kekerasan kepada anak dan kasus kekerasan seksual pada anak atau pedofilia membuka mata kita bahwa ada ancaman serius bagi buah hati kita yang merupakan generasi penerus bangsa. Kondisi yang sangat memprihatinkan yang membutuhkan perhatian dan penanganan lebih serius. Bukan hanya oleh Pemerintah tetapi kita juga harus ikut serta terlibat di dalamnya.

Di sinilah peran seorang Ibu rumah tangga menjadi sangat vital. Bukan hanya melahirkan anak sebagai penerus keluarga dan generasi penerus bangsa, tetapi bagaimana membesarkan, mendidik dan menjaga anak anak kita dari ancaman kekerasan, termasuk kekerasan seksual. Kita harus menyadari dan mewaspadai ancaman para penjahat seksual yang mengintai anak kita.

Sebagai seorang ibu berikan kasih sayang dan perlindungan kepada anak anak kita. Ajari anak anak kita sejak dini, bagaimana cara menghindari dan menjaukan diri dari ancaman kejahatan seksual. Ajari anak kita bahwa organ intimnya tidak boleh dipegang oleh siapapun juga kecuali oleh ibunya. Ajari anak untuk tidak gampang diajak orang lain yang belum dikenal meski dengan iming iming. Ajari anak untuk berlari atau berteriak atau meminta tolong ketika merasa dirinya tidak aman. Banyak lagi yang dapat kita ajarkan kepada anak, semuanya akan lebih mudah diterima melalui peran Ibu.

Apabila seorang ibu memiliki kedekatan dengan anaknya akan jauh lebih baik daripada hanya mengandalkan pendidikan formal saja. Ketika seorang ibu tidak dapat memberikan kehangatan dalam rumah tangga, maka akan membuka kemungkinan anak anak kita mencari perhatian di luar rumah. Inilah yang sering dimanfaatkan para predator seks.

Momentum peringatan hari kartini diharapkan selalu mengingatkan dan memotivasi pada kita bagaimana perempuan dapat berkarier lebih tinggi. Namun dengan tetap mejaga kodrat perempuan sebagai seorang Ibu, akan lebih menjaga anak anak kita dari ancaman kasus pedofilia yang semakin mengkhawatirkan. 



*Sumber Foto : Google*

Tentang Penulis

Danang Prabowo

Redaktur senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00