• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Mengenalkan Kerukunan Beragama di Indonesia

18 March
06:59 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sejumlah tokoh lintas agama Indonesia berencana akan mengunjungi berbagai negara di Eropa dan Amerika untuk lebih mempekenalkan kerukunan beragama di Indonesia.

Beberapa negara besar yang memiliki pengaruh kuat akan menjadi tujuannya, seperti Jerman, Inggris, Perancis, Belanda dan Amerika Serikat.

Selama di Eropa dan Amerika, Para tokoh lintas agama ini akan melakukan pertemuan dan diskusi untuk memaparkan bagaimanan toleransi kehidupan dan kerukuman beragama yang selama ini berlangsung di Indonesia. Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia tetapi dapat hidup berdampingan dengan damai dan toleran dengan penganut agama lain, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Tidak salah, bahkan dapat dikatakan sangat tepat kalau para tokoh lintas agama Indonesia ini akan mempromosikan bagaimana toleransi dan kerukunan beragama di Indonesia. Karena memang Kebhinekaan, persatuan dalam keberagaman dan toleransi kehidupan beragama sudah menjadi komitmen bangsa Indonesia sejak lama. Sudah digelorakan para pendiri bangsa dengan mengambil Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan, yang berarti berbeda beda tetap satu.

 Persatuan, toleransi dan keberagaman ini juga sudah teruji sejak bangsa Indonesia merdeka, sehingga tidak salah kalau MPR menetapkan Bhineka Tunggal Ika sebagai salah satu dari empat pilar kehidupan bebangsa dan bernegara. Karena itulah kita patut mendukung apa yang akan dilakukan para tokoh lintas agama ini. Bahkan memberikan apresiasi yang tinggi karena mereka berangkat atas inisiatif sendiri.

Memang harus kita akui bersama, benturan dan letupan kecil sempat mewarnai keberagaman dan toleransi kehidupan  beragama di negeri tercinta ini. Namun itu terlalu kecil kalau dibandingkan dengan persatuan dan kerukunan di tengah keberagaman Indonesia. Karena itulah kalau para tokoh lintas agama akan lebih mengenalkan kerukunan dan toleransi kehidupan beragama di Indonesia ke berbagai negara di Eropa dan amerika, tugas kita bersama adalah selalu menjaganya. Tugas kita bersama untuk terus memupuk dan memperkuat kerukunan dan toleransi beragama di tanah air tercinta ini.

Tidak dipungkiri kerukunan beragama di tengah keragaman budaya merupakan aset dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.Dalam sejarah pejalanan bangsa, Pancasila telah teruji sebagai alternatif yang paling tepat untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang sangat majemuk. Ketika para tokoh lintas agama akan melakukan kunjungan ke berbagai negara Eropa dan Amerika untuk lebih mengenalkan kerukunan beragama di Indonesia, ketika Raja Salman dalam kunjungan ke Indonesia juga secara terbuka memuji toleransi dan kerukunan beragama Indonesia, sudah seharusnya kita seluruh komponen bangsa juga bekomitmen untuk menjaganya.

Jangan biarkan kerukunan hidup beragama ini dicabik cabik, agar benar benar tercipta masyarakat Indonesia yang bebas dari ancaman, kekerasan, hingga konflik agama.






*Sumber Foto : Google*

Tentang Penulis

Danang Prabowo

Redaktur senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00