• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Diplomasi Luar Negeri Dalam Empat Misi Dubes Baru

14 March
07:15 2017
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : 17 duta besar luar biasa dan berkuasa penuh  untuk Indonesia di Negara Negara sahabat yang dilantik Presiden Joko Widodo di Jakarta Senin (13/3/2017) kemarin, disebut mengemban misi khusus dari Presiden yang diturunkan menjadi misi politik luar negeri  Indonesia.   

Menteri Luar Negeri
Retno Marsudi mengatakan  ada empat misi khusus yang diberikan negara kepada para duta besar tersebut, yakni  menjaga kedaulatan wilayah NKRI, perlindungan WNI di luar negeri, serta diplomasi ekonomi dan peran yang dapat  dimainkan di kawasan atau di dunia.
 

Dari keempat misi yang dibebankan kepada para Duta Besar Indonesia yang berkuasa penuh untuk Negara Negara sahabat tempat para Duta Besar ditugaskan, adalah  diplomasi ekonomi menjadi focus kerjasama yang harus dibangun atau ditingkatkan.
  Terkait dengan fokus  diplomasi ekonomi, tentunya diplomasi perlindungan Warga Negara Indonesia , menjaga kedaulatan NKRI dan diplomasi peranan di kawasan menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dengan misi misi lainnya yang juga penting dilakukan oleh para Duta Besar Indonesia.  

Perlindungan Warga Negara Indonesia di luar negeri, bukan hanya terkait dengan Tenaga Kerja Indonesia saja, tetapi juga menyangkut tentang perlindungan hukum yang seringkali dihadapkan pada permasalahan perlakuan. Perjanjian perjanian baru  secara bilateral hendaknya dapat memperbaharui dan meningkatkan  hubungan diplomatik kedua Negara.
   

Demikian hal nya dengan menjaga kedaulatan NKRI dimata Negara Negara sahabat perlu terus disegarkan, agar sebagai Negara sahabat memahami persoalan yang menjadi kedaulatan Negara sahabat dan tidak ikut campur urusan kedaualatan dalam negeri Negara sahabat.

 Kita masih ingat bagaimana Diplomat Perempuan Muda Indonesia Nara Masista Rakhmati yang berani bahkan membuat diam  Enam Kepala Negara di Sidang PBB atas pernyataan bermotif politik yang mereka sampaikan  tentang Indonesia  , mencampuri kedaulatan Indonesia.  

 Para Duta Besar adalah orang orang pilihan yang teruji dan berpengalaman luas, oleh karena nya diharapkan mampu dan berani membawa misi Indonesia untuk kedamaian,kedaulatan dan kerjasama antar Negara didunia yang lebih baik.  

Masuknya legislator Tantowi Yahya dalam jajaran Duta Besar Indonesia dan berkuasa penuh untuk Selandia Baru merangkap Samoa dan  Kerajaan Tonga berkedudukan di Wellington, merupakan babak baru bagi Tantowi mengemban tugas yang lebih luas dan menyeluruh mewakili Negara bukan lagi Partai.  

Dilpomasi Indonesia dari waktu waktu semakin matang dan membawa dampak bukan hanya bagi Negara dan rakyat Indonesia, tetapi juga kepada dunia. Kewaspadaan tetap perlu agar misi diplomasi Indonesia tidak mudah didiskreditkan dengan ulah fihak fihak yang tidak bertanggung jawab bahkan iri dengan peran Indonesia dimata dunia.  

Selamat bertugas, untuk 17 Duta Besar baru Indonesia.




*Sumber Foto :  Google*



Tentang Penulis

Agung Susatyo

Redaktur Senior RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00