• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Ketidakjelasan Proses Pergantian Kabinet

10 October
08:15 2011
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Isyu reshuffle kabinet yang beredar di masyarakat, saat ini masih menjadi misteri, sebab hingga saat ini belum ada kepastian kapan rencana itu akan direalisasikan dan akan diumumkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Padahal sejumlah nama sudah disebut-sebut akan masuk dalam Kabinet Indonesia Bersatu. Sebaliknya, sejumlah nama menteri juga disebut-sebut akan meninggalkan jabatannya, karena dinilai tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Akibat kinerjanya tersangkut kasus hukum dan juga terkait masalah lainnya, seperti kesehatan dan masalah pribadi.

Sebut saja misalnya, Cicip Sutardjo (Wakil Ketua Umum Partai Golkar), Gita Wiryawan, George  Toisutta, Amir Syamsudin, Karen Agus Setiawan, dan masih banyak nama-nama yang lain yang beredar di masyarakat, meramaikan persaingan bursa kursi menteri. Sedangkan sejumlah menteri yang dikabarkan akan digantikan posisinya, diantaranya Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh, Menteri Keuangan Agus Marto Wardojo, dan juga Menteri BUMN Mustafa Abubakar.

Beredarnya nama-nama itu dibantah oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa nama-nama itu bukan keluar dari dirinya dan dia juga tidak mengetahui darimana sumbernya. Yang menjadi pertanyaan, mengapa presiden tidak segera mengumumkan perombakan menteri secepatnya, apakah masih ada keraguan presiden dalam mengganti dan merombak susunan kabinetnya, atau memang masih ada kekuatan politik yang menyanderanya sehingga masih ada deal-deal politik yang belum disepakati. (DS/Yanto)

Dengar Komentar RRI selengkapnya :

Tentang Penulis

Hugo Lidero

No description yet...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00