• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Editorial

Rapat Konsultasi KPK - Pimpinan DPR

4 October
08:15 2011
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : “Akhirnya” Rapat Konsultasi yang melibatkan KPK dengan Pimpinan DPR RI berlangsung kemarin. Kita cantumkan kata "Akhirnya" karena sebelumnya pihak KPK belum bersedia hadir dalam rapat konsultasi itu.

Dari pengamatan kita, dapatlah dikatakan bahwa rapat yang beragendakan penyamaan persepsi mengenai proses pemanggilan unsur pimpinan Badan Anggaran DPR sebagai saksi kasus korupsi, diwarnai dengan cercaran pertanyaan yang juga menyinggung masalah lain. Substansi yang ditanyakan diantaranya mengenai cara KPK menangani kasus Century dan kasus suap Wisma Atlet. Fahri Hamzah dari Fraksi Keadilan Sejahtera bahkan mengemukakan kemungkinan pembubaran KPK.

Catatan kedua yang juga penting dikemukakan adalah bahwa rapat yang juga dihadiri Kapolri dan Jaksa Agung itu diakhiri tanpa ada kesimpulan. DPR RI berpendapat jika masih ada hal-hal yang perlu diselesaikan akan dibicarakan secara internal oleh pimpinan Komisi III.

Sebagaimana berkembang akhir-akhir ini, baik pun DPR RI maupun KPK sedang mengalami sorotan masyarakat. Sebagaimana terungkap dalam sebuah survei LSI, kepercayaan publik terhadap politisi dan juga pimpinan KPK, akhir-akhir ini menurun. 

Rapat kemarin setidaknya berpengaruh pada hubungan diantara kedua lembaga negara itu, terutama pada pemahaman dan penyamaan perspsi mengenai pemanggilan unsur pimpinan Badan Anggaran. Rakyat bagaimanapun berharap agar politisi di DPR terus berusaha melaksanakan tugasnya dengan lebih baik, demikian pula dengan KPK. (DS/MKB)

Dengar Komentar RRI selengkapnya :

Tentang Penulis

Hugo Lidero

No description yet...

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00